Cara Nonton Video YouTube Melayang di iPhone / GdG / PiP

Di iOS 14 sendiri Apple telah merilis fitur GdG (gambar dalam gambar) atau PiP (picture-in-picture), yang berguna untuk terus memainkan dan menyaksikan video didalam aplikasi lainnya dalam bentuk panel video kecil melayang pada layar yang dapat dipindahkan atau disembunyikan.

Contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut:


Bagaimana keren kan? dengan begitu kalian dapat tetap menyaksikan video kesayangan kalian sambil membuka aplikasi apapun.

Tidak ketinggalan YouTube menjadi sasaran empuk untuk menggunakan fitur ini, kalian dapat menyaksikan video atau memutar musik di YouTube sambil membuka aplikasi lainnya. Namun sampai saat postingan ini ditulis YouTube belum mengimplementasikan fitur ini ke dalam aplikasi YouTube.

Tetapi tidak perlu khawatir, kalian dapat menggunakan cara-cara di bawah berikut untuk nonton video melayang atau sekedar memutar musik di YouTube sampai aplikasi YouTube di iPhone mendukung fitur GdG ini.

Sebagai catatan, pastikan iPhone kalian sudah menggunakan iOS 14.0.1 atau lebih baru.

Cara Nonton Video YouTube Melayang di iPhone

#1 : Pertama pastikan fitur GdG atau PiP sudah dalam keadaan aktif, caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Gambar dalam Gambar

#2 : Jika sudah silakan buka browser Safari bawaan iPhone atau bisa juga menggunakan browser lainnya seperti Google Chrome

#3 : Selanjutnya langsung saja buka website YouTube atau klik pada link berikut: https://www.youtube.com/

Sebagai tambahan apabila setelah membuka link youtube iPhone secara otomatis mengalihkan ke aplikais YouTube, silakan masukan kata kunci YouTube di pencarian Google kemudian buka link YouTube dengan cara tap dan tahan lalu pilih Buka di Tab Baru.

#4 : Setelah website YouTube terbuka silakan cari video yang akan kalian putar

#5 : Jika sudah silakan putar video tersbeut dalam mode Penuh


#6 : Setelah itu tap kembali menu Video Melayang / GdG / PiP seperti yang ditunjukan oleh gambar berikut


#7 : Jika sudah maka video tersebut akan tampil dalam bentuk melayang pada layar


Menyembunyikan & Mengatur Ukuran Panel Video Melayang

Untuk mengatur ukuran panel video kalian hanya perlu melakukan gestur seperti mencubit menggunakan kedua jari pada panel video melayang tersebut. Silakan cubit melebar untuk memperbesar dan cubit menyempit untuk memperkecil video.


Sedangkan untuk menyembunyikan video ke bagian samping layar, kalian cukup menyeretnya hingga ke bagian paling ujung layar iPhone.


Untuk menjeda, skip, previous atau menutup panel video melayang kalian cukup tap pada video melayang tersebut kemudian tap pada icon yang tersedia.

Nah bagaimana menurut kalian? sambil menunggu fitur ini hadir pada aplikasi YouTube kalian dapat menggunakan cara-cara di atas terlebih dahulu. Cara-cara ini juga tidak hanya berlaku untuk YouTube saja ya, tetapi dapat digunakan juga untuk layanan video streaming lainnya apabila mendukung.

Baik itu saja cara-cara nonton video YouTube melayang diaplikasi manapun pada iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)