Penyebab dan Cara Mengatasi Layar iPhone Bergerak Sendiri saat Dicas

Apabila iPhone kalian mengalami masalah pada layar yang bergerak sendiri saat sedang dicas (charge / isi daya), maka kalian tidaklah sendiri. Ada banyak pengguna iPhone dan iPad di luar sana (termasuk admin sendiri) yang juga pernah mengalami masalah tersebut dan anehnya hal ini hanya terjadi apabila iPhone dicas saja.


Tentu rasanya tidak enak bukan ketika sedang mengetik atau bermain game layar seringkali bergerak sehingga menyebabkan salah sentuh.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan layar bergerak sendiri, tersentuh sendiri (ghost touch) dan goyang (bergetar) saat sedang dicas saja? jadi bagaimana cara mengatasinya?

Kualitas Charger yang Sudah Buruk / Tidak Asli

Sederhana, kualitas charger yang buruk (biasanya tidak asli) merupakan salah satu penyebab utama mengapa layar iPhone bergerak sendiri saat dicas.

Apabila tidak yakin, kalian dapat mencoba menggunakan charger iPhone lainnya (yang asli jika perlu, mungkin bisa pinjam atau mencobanya saat ingin membeli yang baru).

Sedikit trik tambahan, kalian bisa memutar (dibalik) ujung konektor charger dan lihat hasilnya, apabila berhasil maka tidak salah lagi charger pada iPhone kalian memang yang menjadi penyebab utamanya.

Bug pada iOS

Meskipun jarang terjadi namun Bug pada iOS juga bisa menjadi penyebab mengapa layar iPhone bergerak sendiri saat dicas. Untuk mengatasinya sederhana, kalian hanya perlu mematikan iPhone dan menyalakannya kembali.

Cara mematikan iPhone:

  • Pengguna iPhone dengan Face ID : Tekan dan Tahan tombol Volume Atas / Bawah bersamaan dengan tombol Lock
  • Pengguna iPhone dengan Touch ID : Tekan dan Tahan tombol Lock

Update ke iOS Terbaru

Untuk mencegah adanya kesalahan dan bug pada iOS yang digunakan, kalian bisa mencoba mengupdate iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Reset Pengaturan iPhone

Cara selanjutnya kalian dapat mempertimbangkan untuk mengatur ulang pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan bawaan pabrik (tanpa menghapus data). Caranya mudah silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Pengaturan.

Cek Kesehatan Baterai

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, kemungkinan Kesehatan Baterai pada iPhone kalian sudah memburuk dapat memengaruhi seluruh fungsi pada iPhone. Untuk melakukan pengecekan kesehatan baterai melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai, jika sudah silakan cek pada menu Kapasitas Maksimum.

Jika angka kapasitas maksimum sudah menyentuh angka di bawah 70% ada kemungkinan juga masalah datang dari kualitas baterai yang sudah memberikan indikasi kerusakan.

Solusi Terakhir

Sudah mencoba menggunakan charger lainnya (bahkan yang baru dan asli), mengupdate ke iOS terbaru, mengatur ulang iPhone tetapi masalah tidak juga teratasi?

Admin menyarankan kalian untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple resmi atau tempat yang sudah terpercaya disekitar kalian, untuk dicek lebih lanjut apakah ada masalah pada hardware iPhone tersebut atau tidak.

Baik itu saja Penyebab dan Cara Mengatasi Layar iPhone Bergerak Sendiri saat Dicas. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin ada yang mau berbagi pengalaman? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.