Kenapa Cas Sampai 80% Baik untuk Kesehatan Baterai iPhone?

Seiring dengan semakin intensifnya penggunaan Smartphone untuk kebutuhan sehari-hari, membuat baterai yang merupakan salah satu komponen terpenting pada iPhone menjadi cepat mengalami kerusakan.


Selain menghindari panas berlebih, mengurangi kecerahan layar dan lain sebagainya, membatasi baterai diisi daya sampai 80% saja merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan usia baterai agar tetap awet. Namun apakah informasi tersebut benar?


Apa Benar Membatasi Cas Sampai 80% Dapat Membuat Baterai Smartphone Lebih Awet?

Jawabannya, benar sekali, mengisi daya smartphone khususnya iPhone sampai 80% saja dapat menjaga umur baterai lebih panjang dan awet.

Hal ini bisa kita buktikan sendiri dari salah satu fitur pada iPhone yaitu "Pengisian Daya Optimal" yang membatasi iPhone untuk mengisi daya sampai pada 80% saja sampai perlu digunakan kembali. 

Kenapa Membatasi Cas Sampai 80% Dapat Membuat Baterai Awet?

Baterai lithium ion yang digunakan pada iPhone dan kebanyakan smartphone lainnya merupakan komponen kimia yang sangat kompleks. Salah satu dampak dari kompleksitas itulah yang membuat baterai lithium ion bekerja lebih keras (stress) apabila dibiarkan berlama-lama dalam keadaan penuh 100%.

Sehingga apabila baterai sering berada pada angka 100%, dampak dalam jangka panjangnya akan menyebabkan penurunan usia baterai yang lebih cepat.

Salah satu fitur yang sudah menerapkan cara ini adalah fitur Pengisian Daya Optimal pada iPhone, yang membatasi pengisian daya iPhone sampai ke angka 80% saja dan secara perlahan akan melanjutnya kembali ke 100% disaat-saat iPhone mendeteksi bahwa iPhone akan digunakan kembali.


Segera Isi Daya Ketika Baterai Menyentuh Angka Dibawah 30%

Selain membatasi baterai untuk mengisi daya sampai 80% saja, penting juga untuk segera melakukan pengisian daya saat baterai berada pada angka dibawah 30% atau hampir menyentuh 20%.

Sama seperti membatasi pengisian daya sampai 80% saja, mengisi daya segera setelah baterai menyentuh level 30% - 20% tidak kalah penting dapat membuat usia baterai iPhone menjadi jauh lebih awet.

Terapkan Pengisian Daya 20 - 80

Artinya segera isi daya baterai saat akan menyentuh angka 20% dan segera cabut pengisian daya saat baterai akan menyentuh angka 80%. Dengan begitu kalian akan menjaga usia dan kesehatan baterai pada iPhone kalian untuk jangka penggunaan yang lebih lama.

Selain itu penting juga untuk memperhatikan hal-hal lainnya seperti:

  • Hindari panas berlebih pada baterai
  • Jangan memainkan iPhone sambil diisi daya
  • Gunakan mode daya rendah dan kurangi kecerahan layar untuk penggunaan baterai yang lebih awet
  • Selalu gunakan charger yang asli dan original
  • Hindari menggunakan power bank berkualitas rendah


Nah menurut kalian sendiri bagaimana? apakah sudah menerapkan pengisian daya 20 - 80? berikan pendapat dan komentanya kalian pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih :)