Apa Maksud Icon Kamera dan Mikrofon di Control Center iPhone?

Apakah kalian pernah menemukan icon mikrofon berwarna Orange dan icon kamera berwarna Hijau yang diikuti dengan pesan "nama aplikasi, baru-baru ini" pada Control Center / Pusat Kontrol iPhone? contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut.


Lalu sih sebenarnya maksud dan arti dari pesan tersebut?

Pesan yang diikuti Nama Aplikasi dan tanda icon Mikrofon atau Kamera tersebut merupakan salah satu fitur Privasi yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple di iOS 14.

Sama halnya dengan tanda Titik Hijau dan Orange, pesan tersebut digunakan untuk memberitahukan kepada pengguna bahwa aplikasi yang mereka gunakan baru saja menggunakan akses ke Mikrofon maupun Kamera.

Hal ini bertujuan untuk menjaga privasi pengguna dari ancaman aplikasi, yang mungkin saja dapat secara diam-diam menggunakan kamera atau mikrofon untuk merekam aktivitas pengguna tanpa diketahui.

Nah jadi kalau kalian baru saja mengakses fitur kamera atau mikrofon pada suatu aplikasi, maka jangan heran jika Control Center iPhone akan menampilkan pesan seperti di atas.

Bagaimana menurut kalian soal fitur Privasi tersebut? silakan tinggalkan komentar atau pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ya..