Cara Mengubah File PDF ke Word Langsung di iPhone dan iPad

Bagi kalian pengguna iOS iPhone dan iPadOS iPad yang ingin mengubah file dokumen PDF menjadi file Word (.docx), tidak perlu repot-repot mencari komputer atau laptop, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara mudah mengubah / convert file PDF menjadi file Word langsung melalui iPhone atau iPad kalian.


Caranya juga terbilang cukup sederhana, disini kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PDF to Word - Converter Pro yang bisa kalian dapatkan secara gratis.

Kalau begitu tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengubah File PDF ke Word Langsung di iPhone dan iPad

Proses convert file secara dilakukan secara online, jadi pastikan iPhone kalian tetap terhubung ke koneksi internet selama proses convert dilakukan.

1. Pertama silakan download terlebih dahulu aplikasi PDF to Word - Converter Pro melalui link berikut: Download - PDF to Word - Converter Pro

Sebagai tambahan, kalian juga bisa menggunakan aplikasi lainnya yang memiliki fungsi serupa, caranya cukup masukan kata kunci "PDF to Word" di App Store

2. Jika sudah sekarang salin atau pindahkan terlebih dahulu file PDF yang akan diubah ke Word ke dalam aplikasi File, bagi yang belum tahu silakan ikuti petunjuk berikut:

  • Buka file PDF yang akan diubah ke Word
  • Kemudian cari dan pilih menu Bagikan lalu pilih Simpan ke File
  • Jika sudah silakan pilih Di iPhone Saya lalu tap Simpan

3. Apabila file PDF sudah disimpan / salin ke aplikasi File, sekarang silakan buka aplikasi PDF to Word yang tadi sudah didownload

4. Pada aplikasi PDFtoWord silakan pilih menu My Device kemudian pilih file PDF yang akan diubah ke PDF


  • Apabila file PDF yang sudah disimpan tadi tidak ditemukan silakan tap menu Telusuri dibagian kanan bawah aplikasi (tap lagi menu Telusuri dipojok kiri atas untuk mengakses direktori lainnya)

5. Selanjutnya akan muncul menu untuk mengatur halaman yang akan diconvert, jika tidak ada yang ingin diatur langsung saja tap menu Convert (pojok kanan atas)


6. Jika sudah silakan tunggu hingga proses convertnya selesai

7. Apabila sudah selesai silakan tap menu Download lalu akan muncul peringatan bahwa hasil convert telah disimpan ke aplikasi File, tap saja Ok


8. Sekarang untuk melihat hasil file PDF yang telah diubah ke Word silakan buka aplikasi File


9. Jika sudah, masuk ke direktori / lokasi Di iPhone Saya (Apabila kalian tidak dapat menemukan direktori Di iPhone Saya, silakan tap menu Telusuri dipojok kiri bawah, kemudian tap lagi menu Telusuri dipojok kanan atas untuk mencari direktori lokasi lainnya)

10. Setelah itu buka folder PDFtoWord dan didalam folder itulah file PDF yang sudah diubah ke Word berada (silakan tap file tersebut untuk membukanya)


Terakhir, apabila kalian ingin membagikan kembali file tersebut ke dalam aplikasi apapun itu, entah WA, Email, Google Drive dan lain sebagainya. Silakan tap dan tahan pada file Word tersebut kemudian pilih menu Bagikan.


Bagaimana gampang kan? bagi kalian yang ingin mengubah sebaliknya dari Word ke PDF, silakan ikuti cara pada link di bawah berikut.


Baik itu saja cara-cara mengubah file PDF ke Word langsung di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.