Cara Cek Kabel Data iPhone Asli, Palsu, Oem atau KW menggunakan 3uTools

Cukup sulit memang untuk membedakan antara aksesoris iPhone yang asli, oem atau palsu alias KW, apalagi jika dilihat sekilas tampilan semuanya hampir benar-benar sama. Selain itu kesulitan lainnya datang dari aksesoris palsu yang mungkin terlihat normal-normal saja saat digunakan.

Nah, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara mudah dan sederhana untuk melakukan pengecekan apakah kabel yang digunakan untuk iPhone kalian termasuk yang asli, oem atau palsu, cukup dengan menggunakan aplikasi 3uTools.


Aplikasi 3uTools merupakan multifungsi yang dirancang khusus untuk pengguna iOS, aplikasi ini juga seringkali digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap keaslian komponen pada iPhone atau iPad (baca juga: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service).

Namun disamping itu ternyata 3uTools juga menyimpan fitur yang dapat digunakan untuk mendeteksi asli atau palsunya aksesoris pada iPhone, contohnya saja Kabel Data / Charger, Earphone, AirPods dan lain sebagainya.

Namun karena caranya agak berbeda kali ini admin akan fokus ke cara cek aksesoris kabel data saja. Kalau begitu langsung ikuti cara-caranya berikut ini:

Cara Cek Kabel Data iPhone Asli / Palsu menggunakan 3uTools

1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi 3uTools di komputer kalian melalui link berikut: Download 3uTools

2. Kemudian sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel data dan buka aplikasi 3uTools

3. Apabila iPhone sudah terdeteksi langsung saja masuk ke menu Toolbox > Genuine Accessories


3. Kemudian klik pada menu Test data cable


4. Apabila hasil test menunjukan menu: 

  • Product Name : N/A
  • Manufacturer : N/A
  • Model Type : N/A

Biasanya hal tersebut mengindikasikan bahwa:

  1. 3uTools tidak dapat menentukan apakah kabel data tersebut benar-benar asli atau tidak, namun bukan berarti aksesoris tersebut sepenuhnya palsu
  2. Kabel data tersebut diproduksi oleh produsen pihak ketiga yang sudah disahkan oleh Apple MFI (kemungkinan oem)


5. Tetapi apabila hasil test menunjukan Manufacturer : Apple Inc hal tersebut menujukan aksesoris benar-benar asli

Nah bagaimana menurut kalian? meskipun begitu cara-cara di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat ya.. karena admin sendiri pun mencoba beberapa aksesoris yang admin gunakan (bawaan iPhone asli) malah menunjukan status N/A.

Oke itu saja Cara Cek Kabel Data iPhone Asli, Palsu atau KW menggunakan 3uTools yang dapat admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.