Cara 3D Scan Tempat dan Objek di iPhone 12 Pro / Max dengan LiDAR Scanner

Berkat hadirnya sensor LiDAR pada iPhone khususnya untuk saat ini iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, kini iPhone dapat membidik objek dengan sangat akurat, tepat dan realistis. Selain digunakan untuk pengalaman Augmented Reality dan Kamera Mode Malam yang jauh lebih baik, sensor LiDAR juga dapat kalian manfaatkan untuk memetakan tempat atau objek dalam bentuk 3 Dimensi.


LiDAR atau Light Detection and Ranging bekerja dengan cara mengirimkan gelombang laser berdaya rendah ke tempat atau objek disekitarnya, kemudian merekam, lalu memantulkan kembali gelobang laser tersebut. Dengan begitu objek disekitar dapat dipetakan secara nyata dan akurat.

Scan Tempat / Objek 3 Dimensi Menggunakan iPhone dengan LiDAR Scanner

Untuk memindai objek atau tempat dan membuatnya menjadi rangkaian bentuk 3 Dimensi, kalian dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

1. Silakan download terlebih dahulu aplikasi yang akan digunakan untuk scan objek dan tempat dalam bentuk 3D, contohnya 3d Scanner App™

2. Jika sudah buka aplikasi 3d Scanner tersebut lalu tekan tombol Merah untuk memulai perekaman

3. Hasil rekaman 3D dapat kalian bagikan melalui iMessage dan AR dalam format USDZ atau dieksport dalam format OBJ, GLTF, GLB, DAE and STL.

Selain iPhone LiDAR Scanner juga dapat kalian temukan pada iPad Pro 2020 dan mungkin seri iPad Pro terbaru nantinya.

Tips: Dengan LiDAR Scanner kalian juga dapat mengukur tinggi badan atau objek dalam waktu yang instan melalui aplikasi bawaan iPhone "Pengukur / Measure".