Cara Mengatasi iPhone 11 dan 11 Pro yang Restart Sendiri

Tidak sedikit pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang melaporkan bahwa iPhone mereka secara tiba-tiba terus melakukan restart atau mati kemudian menyala dengan sendirinya, sehingga membuat iPhone tidak dapat digunakan atau merespon apapun (stuck di logo Apple).


iPhone yang Restart atau Mati-Nyala sendiri dapat disebabkan oleh beragam hal, seperti Bug pada iOS, kerusakan akibat terbentur, terendam air, hingga baterai yang mulai menunjukan gejala kerusakan.

Namun ada harapan yang dapat kalian coba lakukan untuk memperbaikinya, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Restart Paksa iPhone

Metode Force Restart atau Restart Paksa ini sangat berguna untuk memaksa iPhone melakukan booting atau memulai kembali sistem. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi iPhone yang mengalami masalah akibat adanya Bug atau kesalahan pada sistem.

Cara Force Restart iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

  1. Segera Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Segera Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Terakhir, segera tekan tombol Lock hingga iPhone menampilkan Logo Apple

Apabila metode di atas berhasil, setelah menampilkan Logo Apple iPhone kalian akan kembali masuk ke menu utama.

Cek Kesehatan Baterai

Khusus bagi yang iPhonenya mengalami restart sendiri ketika sedang membuka sebuah aplikasi (biasanya bermain games), silakan cek Battery Health pada iPhone kalian apakah masih dalam kondisi yang baik atau sudah menunjukan gejala kerusakan.

Untuk melakukan cek battery health atau kesehatan baterai, silakan buka aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai lalu perhatikan pada menu Kapasitas Maksimum. Apabila sudah menunjukan angka di bawah 70% atau sudah muncul pesan:

iPhone ini telah dimatikan tiba-tiba karena baterai tidak dapat menghantarkan daya puncak yang diperlukan. Manajemen kinerja baterai telah diterapkan untuk membantu mencegah ini terjadi kembali. Nonaktifkan...

Ada kemungkinan baterai yang kalian gunakan sudah dalam keadaan yang perlu untuk segera diganti dengan yang baru.

Update ke iOS versi Terbaru

Sama seperti cara kedua di atas, kalian bisa coba melakukan update ke iOS versi terbaru untuk mencegah kemungkinan adanya Bug pada versi iOS yang sedang kalian gunakan saat ini. Caranya muda, silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, apabila tersedia silakan download dan install pembaruan yang tersedia.

Namun lagi-lagi cara ini hanya dapat kalian lakukan apabila iPhone tersebut masih mendapatkan kesempatan untuk menyala atau digunakan.

Akibat Terendam Air atau Terbentur?

Terakhir, apabila iPhone yang tiba-tiba restart sendiri tersebut tidak dapat masuk ke home screen setelah terendam air atau terjatuh, ada kemungkinan komponen di dalam iPhone ada yang mengalami kerusakan.

Sangat disarankan untuk segera membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk ditangani lebih lanjut.

Bagaimana apakah iPhone kalian sudah berhasil normal kembali? admin harap seperti itu ya..

Oke kalau begitu sekian dulu informasi cara mengatasi iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang tiba-tiba saja restart atau mati-nyala sendiri yang dapat admin bagikan. Apabila ada yang ingin disampaikan, tanyakan atau mungkin ingin berbagi pengalaman? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih.