Penyebab Layar iPhone 11 dan 11 Pro Menjadi Lebih Kuning

Tidak sedikit pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro maupun iPhone 11 Pro Max yang mengeluhkan bahwa layar pada iPhone mereka menjadi agak lebih kuning dari biasanya. Lalu apakah penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?


Sebelum itu tidak perlu terlalu khawatir, sebab dari kebanyakan kasus layar iPhone yang menguning tersebut biasanya hanya diakibatkan oleh salah satu fitur pada iPhone yang mungkin belum kalian ketahui fungsi dan keberadaannya.

Nah, kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut ini untuk mengatasinya.

Nonaktifkan Fitur Night Shift

Night Shift adalah salah satu fitur pada iPhone yang berguna untuk mengubah warna layar menjadi lebih hangat, warna hangat disini berarti menjadi lebih kuning. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membantu mata kalian lebih rileks saat menatap layar (mengurangi cahaya biru).

Menurut Apple, fitur ini dapat membantu kalian untuk tidur ketika malam hari loh.. jadi jangan heran jika biasanya layar iPhone menguning sendiri ketika menjelang malam hari, hehe.

Untuk memeriksa apakah layar iPhone kalian menjadi kuning diakibatkan oleh fitur Night Shift ini, silakan buka aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Night Shift, jika sudah silakan matikan menu "Aktifkan Secara Manual Hingga Esok" atau "Terjadwal" untuk menonaktifkan fitur Night Shift.


Jika sudah silakan lihat sendiri hasilnya :)

Nonaktifkan Fitur True Tone

True Tone adalah fitur pada iPhone yang berfungsi untuk mengubah suhu warna maupun intensitas kecerahan, menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan disekitar kalian.

Namun begitu, terkadang fitur True Tone juga dapat mengubah tampilan layar iPhone menjadi sedikit lebih kuning. Nah untuk menonaktifkan fitur True Tone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan lalu nonaktifkan menu True Tone dan lihat hasilnya.


Pastikan Filter Warna dalam Keadaan Mati

Pastikan juga fitur Filter Warna pada iPhone kalian tidak dalam keadaan aktif ya, untuk melakukan pengecekan silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks > Filter Warna.


Restart iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, kalian bisa mencoba merestart iPhone dengan cara dimatikan kemudian nyalakan kembali.

Atau gunakan metode Force Restart berikut (lakukan dengan tempo perpindahan tombol yang agak cepat):

  • Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, kemudian Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas, terakhir Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple alias Restart

Reset Pengaturan iPhone

Cara-cara di atas masih belum juga memperbaiki layar iPhone kalian yang menjadi kuning? pertimbangkan untuk mencoba mereset Pengaturan iPhone. Caranya buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


Bagaimana apakah sudah berhasil? admin harap begitu ya, namun jika layar iPhone kalian masih juga berwarna kuning. Langkah terakhir yang mungkin dapat kalian coba adalah melakukan update ke iOS versi terbaru melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila seluruh cara di atas tidak juga memberikan jalan keluar, ada kemungkinan terdapat masalah pada layar iPhone yang kalian gunakan. Disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk dicek lebih lanjut penyebab dan kerusakannya.