Apa Perbedaan Screen Refresh Rate dan Touch Sampling Rate?

Smartphone saat ini sudah dibekali dengan beragam teknologi canggih demi menunjang pengalaman yang jauh lebih baik. Salah satu fitur yang saat ini sedang menjadi pusat perhatian adalah Screen Refresh Rate dan Touch Sampling Rate.


Lalu apa perbedaan antara Screen Refresh Rate dan Touch Sampling Rate?

Screen Refresh Rate

Layar bekerja dengan menampilkan susunan frame atau gambar dalam membentuk sebuah tampilan bergerak. Sebagai contoh, apabila kalian sedang menyaksikan sebuah video sebenarnya kalian sedang melihat pola susunan gambar atau frame yang ditampilkan secara berurutan sehingga membentuk sebuah gerakan.

Susunan frame yang ditampilkan layar tersebut memiliki jumlah dan kecepatan, dan hal inilah yang disebut sebagai "Screen Refresh Rate". Pada umumnya layar smartphone dibekali dengan kecepatan Screen Refresh Rate sebesar 60Hz saja, dalam artian layar hanya dapat menampilkan kecepatan susunan frame terbatas pada 60 frame per detiknya.

Jadi apabila ada smartphone yang dibekali layar dengan Screen Refresh Rate mencapai 120Hz, itu tandanya layar tersebut dapat menampilkan hingga 120 frame per detiknya, yang dampaknya tentu saja akan membuat tampilan gerakan pada layar menjadi jauh lebih halus.

Touch Sampling Rate

Touch Samping Rate berbicara juga soal kecepatan dan jumlah, namun terkhusus pada gerakan sentuhan jari yang dapat diterima atau ditangkap oleh Layar. Contohnya, sebuah Layar yang memiliki Touch Sampling Rate sebesar 60Hz, memiliki arti bahwa layar tersebut hanya dapat menangkap 60 sentuhan per detiknya atau sekitar 16.6 milidetik per sentuhan.

Masih bingung? apakah kalian pernah menggambar suatu garis pada layar smartphone kalian? garis yang kalian gambar tersebut tentu tidak langsung terbentuk mengikuti jari kalian bukan? melainkan kalian dapat melihat adanya keterlambatan / delay pada garis yang terbentuk tersebut. Nah, itulah contoh peran penting dari Touch Sampling Rate.

Untuk saat ini sendiri sudah tersedia banyak smartphone yang mendukung Touch Sampling Rate hingga 240Hz, dalam artian layar dapat menangkap hingga 240 sentuhan per detiknya. Semakin tinggi Touch Sampling Rate maka akan semakin cepat juga layar akan menangkap dan merespon sentuhan.

Kesimpulan

Jadi pada intinya, semakin tinggi Screen Refresh Rate maka akan semakin mulus juga animasi gerakan yang dapat ditampilkan oleh layar (lebih halus). Sedangkan semakin tinggi Touch Sampling Rate maka layar akan semakin cepat dalam membaca dan menginput sentuhan.

Screen Refresh Rate dalam penerapannya dapat kalian lihat dan rasakan ketika menyaksikan sebuah video, menggeser halaman web, hingga bermain games. Sedangkan Touch Sampling Rate juga memiliki peran penting, contohnya dalam kecepatan input gerak saat bermain game kompetitif hingga kecepatan pen dalam menggambar pada sebuah tablet seperti iPad.

Jadi, bagaimana menurut kalian tentang perbedaan antara Screen Refresh Rate dan Touch Sampling Rate? silakan tinggalkan komentar, pendapat atau pertanyaan kalian pada kolom komentar di bawah ya.. :)