Penyebab Layar iPhone 12, 12 Pro atau 12 Mini Jadi Lebih Kuning

Tidak sedikit pengguna baru iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang bertanya-tanya. Mengapa layar mereka menjadi lebih berwarna kuning? apakah itu pertanda adanya gejala kerusakan pada layar?


Tenang, tidak kok, biasanya layar iPhone 12 kalian yang berubah menjadi agak kuning tersebut bukan diakibatkan oleh kesalahan layar, melainkan adanya fitur yang mungkin belum kalian ketahui yang memang membuat layar iPhone 12 kalian tampak menjadi lebih kuning.

Apa itu dan bagaimana cara mengatasinya agar tidak menjadi terlalu kuning?

Nonaktifkan Fitur Night Shift

Night Shift adalah salah satu fitur pada iPhone yang berguna untuk mengubah warna layar menjadi lebih hangat (warm). Warna hangat disini berarti menjadi lebih kuning ya. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membantu mata kalian lebih rileks saat menatap layar (mengurangi cahaya biru).

Menurut Apple, fitur ini dapat membantu kalian untuk tidur lebih nyenyak ketika malam hari loh.. jadi jangan heran jika biasanya layar iPhone menguning sendiri ketika menjelang malam hari, hehe.

Untuk memeriksa apakah layar iPhone kalian menjadi kuning diakibatkan oleh fitur Night Shift ini, silakan buka aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Night Shift, jika sudah silakan matikan menu "Aktifkan Secara Manual Hingga Esok" atau "Terjadwal" untuk menonaktifkan fitur Night Shift.


Jika sudah silakan lihat sendiri hasilnya :)

Nonaktifkan Fitur True Tone

True Tone adalah salah satu fitur pada iPhone yang berfungsi untuk mengubah suhu warna maupun intensitas kecerahan, menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan disekitar kalian.

Namun begitu, terkadang fitur True Tone juga dapat mengubah tampilan layar iPhone menjadi sedikit lebih kuning (warm). Nah untuk mengatur fitur True Tone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan lalu nonaktifkan menu True Tone dan lihat hasilnya.


Pastikan Filter Warna dalam Keadaan Mati

Selanjutnya pastikan juga fitur Filter Warna pada iPhone 12 kalian tidak dalam keadaan aktif ya, untuk melakukan pengecekan silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks > Filter Warna.


Restart iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, kalian bisa mencoba merestart iPhone, sederhananya dengan cara dimatikan kemudian nyalakan kembali.

Atau silakan gunakan metode Force Restart berikut (lakukan dengan tempo perpindahan tombol yang agak cepat):

Cara Force Restart iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max

  1. Segera Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Segera Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Terakhir, segera tekan tombol Lock hingga iPhone menampilkan Logo Apple

Reset Pengaturan iPhone

Cara-cara di atas masih belum juga memperbaiki layar iPhone kalian yang menjadi agak kuning? pertimbangkan untuk mencoba mereset Pengaturan iPhone. Caranya buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan kemudian pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


Bagaimana, apakah sudah berhasil? admin harap seperti itu ya, namun jika layar iPhone kalian masih juga berwarna kuning. Langkah terakhir yang mungkin dapat kalian coba adalah melakukan update ke iOS versi terbaru melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Terakhir jika cara-cara di atas tidak ada satupun yang membuahkan hasil, ada kemungkinan layar pada iPhone 12 kalian memang mengalami masalah. Sebaiknya silakan bawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk dicek lebih lanjut penyebabnya.