Cara Merawat Baterai iPhone Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Baterai merupakan salah satu komponen utama pada iPhone, baterai memiliki peran yang jauh lebih penting daripada sekedar untuk menyalakan iPhone saja. Contohnya seperti untuk memberikan daya tahan penggunaan sehari-hari yang lebih lama, hingga menyuplai daya yang dibutuhkan oleh seluruh komponen pada iPhone agar dapat bekerja secara optimal.


iPhone sendiri kini telah dibekali fitur Kesehatan Baterai / Battery Health dengan tujuan agar penggunanya dapat terus memantau kondisi kesehatan baterai pada iPhone mereka. Pengguna yang ingin agar iPhonenya tetap dalam kondisi optimal, sangat disarankan untuk secara rutin memperhatikan dan merawat kesehatan baterai.


Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara sampai tips merawat baterai iPhone agar tetap awet dan tahan lama, sehingga penurunan kesehatan baterai iPhone dapat ditekan menjadi lebih lambat. Kalau begitu langsung tanpa banyak berbasa-basi lagi, langsung saja simak cara-caranya berikut ini.

Selalu Gunakan Charger bawaan iPhone yang Asli

Langkah dasar yang perlu diperhatikan yaitu, sebisa mungkin tetap gunakan Charger bawaan iPhone yang asli. Apabila kalian terpaksa harus membeli yang baru akibat charger yang lama mengalami kerusakan, pastikan kalian membeli aksesoris selalu yang asli.

Mengapa harus yang asli? sebab charger asli sudah dirancang khusus untuk iPhone dari segi keandalan dan keamanannya, sehingga baterai iPhone akan menjadi jauh lebih awet dan optimal.

Hindari Fast Charging dan Sumber Power Tidak Aman

Optional, mengapa harus menghindari Fast Charging? meskipun dapat mengisi daya jauh lebih cepat, namun konsekwensinya iPhone kalian terutama baterainya akan mengalami panas yang berlebih. Hal ini secara tidak langsung dapat memengaruhi kesehatan baterai iPhone apabila terus dilakukan dalam jangka panjang.

Selain itu sangat disarankan untuk menghindari sumber pengisian daya yang kemungkinan tidak aman, seperti Power Bank berkualitas rendah atau sembarangan port USB / Type C yang ada pada kendaraan dan tempat umum.

Hindari Cas iPhone Semalaman atau Sambil Digunakan

Bila memungkinkan hindari mengisi daya iPhone semalaman, dalam artian jangan meninggalkan iPhone dalam keadaan dicas dari malam hingga pagi hari. Sebab baterai iPhone yang ditinggalkan dalam kondisi benar-benar penuh dalam waktu yang lama, secara tidak langsung dapat membuat baterai kehilangan kapasitas aslinya sedikit demi sedikit.

Meskipun Apple telah memberikan fitur Pengisian Daya Optimal, namun tidak ada salahnya untuk menerapkan hal di atas demi menjaga kesehatan baterai iPhone agar tetap awet dan tahan lama :')

Selain itu hindari juga menggunakan iPhone sambil dicas, apalagi sambil dimainkan game. Karena hal tersebut akan membuat baterai bekerja jauh lebih keras dari biasanya, jadi sebisa mungkin hindari hal tersebut.

Segera Cas saat Baterai berada Dibawah Level 20%

Hampir sama seperti cara kedua di atas, membiarkan baterai hingga benar-benar kosong sebelum diisi daya, dapat membuat baterai kehilangan kapasitas aslinya sedikit demi sedikit. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk segera cas iPhone apabila baterai hampir menyentuh angka 20%.

Batasi Pengisian Daya Hingga 80% Saja

Optional, kalian boleh menerapkannya atau tidak, namun trik ini sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan baterai menjadi lebih awet. Seperti yang tadi sudah Admin jelaskan bahwa baterai iPhone akan sedikit demi sedikit kehilangan kapasitas aslinya apabila selalu dicas atau dibiarkan dalam keadaan penuh (100%).

Mengisi daya hingga 80% saja dapat membantu mengurangi penurunan kesehatan baterai iPhone, mengapa 80%? sebab diangka tersebut baterai mengalami sangat sedikit tekanan yang dapat membuat penurunan baterai menjadi jauh lebih lambat. Hal ini sendiripun telah dikonfirmasi oleh fitur Pengisian Daya Optimal iPhone yang membatasi pengisian daya hingga 80% saja dalam kondisi tertentu.


Hindari Panas Berlebih pada Baterai

Salah satu musuh utama yang dapat membuat baterai cepat menurun kesehatannya adalah Panas. Baterai iPhone yang seringkali terpapar suhu panas berlebih dapat menyebabkan menurunnya kesehatan baterai secara cepat.

Contoh hal-hal yang dapat membuat baterai iPhone cepat panas seperti, dicas sambil dimainkan game, menggunakan iPhone tepat dibawah terik sinar matahari, menggunakan iPhone dengan kondisi ruangan yang cukup panas hingga menggunakan kecerahan layar maksimal sepanjang waktu.

Hemat Penggunaan Baterai iPhone

Kesehatan Baterai iPhone akan tetap menurun seiring dengan penggunaan, terhitung dari seberapa banyak jumlah pengisian daya ulang pada baterai iPhone dilakukan. Nah, semakin sedikit jumlah pengisian daya berarti semakin lama juga penurunan baterai dapat terjadi.

Maka dari itu agar tidak terlalu sering dicas, terapkan beberapa tips berikut untuk menghemat penggunaan baterai iPhone.

  1. Gunakan "Mode Daya Rendah" atau "Low Power Mode" untuk membatasi proses di latar belakang
  2. Kurangi kecerahan layar atau gunakan "Kecerahan Layar Otomatis" melalui Pengaturan > Aksesbilitas > Layar & Ukuran Teks
  3. Nonaktifkan koneksi yang sedang tidak digunakan, seperti Bluetooth
  4. Nonaktifkan Back up Otomatis melalui Pengaturan > Apple ID > iCloud > iCloud Backup
  5. Kurangi atau hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan, terutama aplikasi yang berhubungan dengan sosial media atau chat

Sesekali Restart atau Matikan iPhone

Kalian tidak perlu rutin melakukannya, namun apabila ada kesempatan kalian bisa sesekali merestart iPhone tersebut untuk menyegarkan kembali sistemnya. Caranya mudah, kalian cukup mematikan iPhone tersebut lalu tunggu hingga beberapa saat kemudian menyalakannya kembali.

Belum tahu cara mematikan iPhone?

  • Bagi pengguna iPhone dengan tombol Home seperti iPhone 7, 8 atau SE, silakan tekan dan tahan tombol Lock / Kunci hingga tampil menu untuk mematikan iPhone. 
  • Selanjutnya untuk iPhone dengan Notch atau Layar Penuh, silakan tekan dan tahan tombol Lock / Kunci bersamaan dengan (salah satu saja) tombol Volume Atas atau Bawah.

Untuk menyalakan kembali iPhone silakan tekan tombol Lock / Kunci hingga iPhone menampilkan logo Apple.

Mematikan iPhone dari malam hari ketikan akan tidur dan menyalakannya kembali saat pagi hari juga bisa kalian terapkan sesekali saja.

Kesimpulan... 😊

Cara-cara dan tips maupun trik di atas dapat kalian terapkan untuk menjaga baterai iPhone agar tetap awet dan tahan lama. Namun begitu, seiring dengan penggunaan ada waktunya dimana baterai tetap perlu diganti, jadi selalu persiapkan diri untuk mengganti baterai apabila kesehatannya sudah menunjukan angka di bawah 80%.

Dan satu lagi, cara-cara di atas berlaku bagi seluruh pengguna iPhone saat ini, seperti iPhone 6S, iPhone 6, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone SE 2020, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max dan lain sebagainya.

Baik itu saja informasi yang dapat Admin bagikan bagi kalian pengguna iPhone, apabila ada yang ingin disampaikan, tanyakan atau mungkin ada yang ingin memberikan tips? langsung saja tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.