Apa Perbedaan antara iOS dan iPadOS pada iPad?

Tidak sedikit dari kalian yang mungkin bertanya-tanya soal perbedaan antara sistem operasi iOS dan iPadOS yang digunakan oleh iPad, untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita kembali ke sejarah sistem operasi yang pernah digunakan oleh iPad.


Kembali pada tahun 2010 saat pertama kali iPad dirilis, Apple menggunakan sistem operasi iPhone OS 3.2 yang digunakan juga oleh iPhone dan iPod touch, sebagai sistem operasi milik iPad.

Mungkin dikarenakan penamaan sistem operasi yang tidak cocok digunakan pada iPad, Apple mengubah nama iPhone OS menjadi iOS saat merilis sistem operasi selanjutnya yaitu iOS 4.

Selama bertahun-tahun iOS menjadi sebutan nama sistem operasi yang lebih universal untuk iPhone, iPod touch dan iPad, meski begitu ketiganya tetap memiliki versi iOSnya tersendiri menyesuaikan dengan perbedaan masing-masing.

Mengingat fitur yang digunakan oleh iPad maupun iPhone dan iPod touch yang semakin jauh berbeda, pada tahun 2019 yang lalu untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan nama iPadOS sebagai sistem operasi resmi iPad, yang dimulai melalui update iPadOS 13.1 menggantikan iOS 12.4.1.

Sejak update iPadOS 13.1 itulah sistem operasi yang digunakan oleh iPad secara resmi telah berubah nama (rebranding) dari iOS menjadi iPadOS, sampai saat ini pun Apple tetap menggunakan nama iPadOS sebagai nama sistem operasi milik iPad, sehingga menyisakan iPhone dan iPod touch saja sebagai pengguna sistem operasi iOS.

Meski begitu sebutan iOS untuk sistem operasi iPad masih berlaku bagi beberapa model iPad lawas yang tidak kebagian update iPadOS 13.1 seperti iPad Air Gen-1, iPad Mini Gen-2 dan iPad Mini Gen-3.

Nah bagaimana sudah tau kan perbedaan antara iOS dan iPadOS pada iPad?

Secara garis besar perbedaannya hanya terdapat pada rebranding nama saja, mungkin agar lebih mudah untuk mengidentifikasi antara sistem operasi yang digunakan oleh iPad maupun iPhone dan iPod touch, sisanya masih sama seperti update sebelum-sebelumnya yaitu penambahan fitur terbaru dan lain sebagainya.