Arti Singkatan SE, XR, S, C, Pro, Max, dan Mini pada iPhone

Satu hal tentang iPhone yang hingga kini masih menjadi misteri adalah soal penamaannya. Untuk urusan angka mungkin bisa dimengerti sebagai pertanda generasi, namun apa jadinya jika penamaan iPhone tidak memiliki angka atau dibalik angka tersebut terdapat juga tambahan huruf atau kata? contohnya seperti "S" pada iPhone 6S, "C" pada iPhone 5C, "SE" pada iPhone SE, dan seterusnya..


Seperti yang dikutip dari wawancara oleh blog engadget kepada wakil presiden senior pemasaran Apple di seluruh dunia Phil Schiller, mengatakan bahwa huruf dibalik penamaan produk iPhone sebenarnya tidak mewakili arti apapun.

Kembali ke tahun 2009 yang lalu saat peluncuran iPhone 3GS, Phil Schiller juga pernah menjelaskan bahwa "S" merupakan singkatan dari "Speed" yang memiliki makna Cepat karena iPhone 3GS pada saat itu merupakan iPhone tercepat yang pernah dibuat oleh Apple.

Karena kurangnya informasi pasti tentang huruf dibalik nama iPhone, tidak sedikit pengguna yang memiliki pandangan tersediri soal huruf-huruf tersebut. Ya, hal itu tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh iPhone yang memiliki beberapa model dengan harga, fitur, dan target pengguna yang berbeda-beda.

Bagi kalian yang penasaran, kali ini Admin sudah merangkum perkiraan yang tepat untuk makna dari singkatan huruf-huruf yang ada dibalik nama iPhone. Kalau begitu langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Arti "S" pada Nama iPhone

Huruf "S" merupakan singkatan yang pertama kali digunakan pada bagian nama belakang iPhone tepatnya pada iPhone 3GS. Phil Schiller yang merupakan wakil presiden senior pemasaran Apple di seluruh dunia, pernah mengatakan bahwa huruf "S" pada iPhone 3GS memiliki singkatan sebagai "Speed" atau yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu "Cepat".

Mengingat iPhone 3GS saat itu merupakan iPhone tercepat yang pernah dibuat oleh Apple, jadi makna huruf "S" untuk Speed tentu cukup masuk akal.

Arti "C" pada Nama iPhone

Sampai saat ini satu-satunya produk iPhone yang menggunakan nama belakang huruf "C" adalah iPhone 5C yang dirilis pada tahun 2013 yang lalu.

Hampir sama seperti iPhone lainnya, huruf "C" pada iPhone tidak memiliki makna yang pasti, satu-satunya singkatan yang tepat pada huruf "C" tersebut adalah "Cheap" atau "Colors", mengingat iPhone 5C merupakan iPhone pertama Apple yang hadir dengan harga termurah dan pilihan warna yang beragam.

Arti "SE" pada Nama iPhone

Beruntung, huruf "SE" pada iPhone SE memiliki singkatan yang resmi, yaitu "Special Edition" atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti "Edisi Khusus".

Dalam sejarahnya iPhone SE memiliki desain yang berbeda dari iPhone terbaru yang dirilis didekatnya, dan dibanderol dengan harga yang cukup murah. Meskipun begitu, iPhone SE tetap memiliki teknologi dan kemampuan yang tidak kalah canggih.

Arti "R" pada Nama iPhone

Sama seperti huruf "C", hingga saat ini huruf "R" pada iPhone hanya dimiliki oleh iPhone XR saja, dan lagi-lagi Apple tidak menjaskan secara pasti arti dari huruf R sehingga menjadikannya tidak mewakilkan atau bermakna apapun.

Meski begitu, tidak sedikit yang berspekulasi bahwa huruf "R" merupakan singkatan dari:

  • Regular (biasa): mengingat iPhone XR merupakan seri iPhone termurah diantara seri lainnya yang dirilis secara bersamaan
  • Revolutionary (revolusioner): mengingat istilah "R" baru pertama kalinya digunakan oleh Apple
  • Reduce (mengurangkan): mengingat fitur pada iPhone XR tidak sebaik dari iPhone seri lainnya yang dirilis secara bersamaan

Arti "Pro" pada Nama iPhone

Penggunaan huruf atau kata "Pro" pada iPhone untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Apple melalui iPhone 11 Pro. Meski sama-sama tidak memilki makna khusus, namun kata Pro sendiri dapat diartikan sebagai "Profesional" dalam artian iPhone yang telah dibekali seluruh teknologi tercanggih, layaknya iPad Pro atau Macbook Pro.

Saat ini iPhone dengan huruf "Pro" mengindikasikan bahwa iPhone tersebut merupakan salah satu iPhone jenis Premium terbaik yang pernah dirilis oleh Apple.

Arti "Pro Max" pada Nama iPhone

Sama dengan "Pro" bedanya istilah "Pro Max" memiliki makna bahwa iPhone tersebut hadir dengan ukuran yang lebih besar, contohnya bisa kita temukan pada iPhone 11 Pro Max dan iPhone 12 Pro Max

Jika diteliti lagi, kata "Max" disini mungkin merujuk pada kata "Maximum" yang berarti Maksimal, dan benar saja iPhone seri Pro Max merupakan model iPhone terbaik dengan ukuran layar dan baterai yang besar, begitu juga dengan harganya.

Arti "Mini" pada Nama iPhone

iPhone dengan kata "Mini" baru saja diperkenalkan oleh Apple melalui iPhone 12 Mini. Untuk kata Mini sendiri dapat diartikan sebagai kecil atau "Minimum".

Dan benar saja iPhone 12 Mini memiliki ukuran yang kecil, namun bedanya tetap dilengkapi dengan teknologi yang canggih, setidaknya sampai saat ini seri iPhone Mini merupakan iPhone berukuran paling kecil yang memiliki fitur Premium.

Kesimpulan..

Meskipun Apple tidak memberikan penjelasan secara rinci soal arti huruf ataupun kata dibalik nama iPhone, namun nyatanya huruf atau kata tersebut membagi iPhone berdasarkan kelas, fitur, ukuran, dan harga.

Jika Apple mengatakan bahwa kata-kata tersebut hanyalah kata tambahan saja tanpa makna yang pasti sepertinya hal tersebut memang benar, terlihat hingga kini Apple tidak pernah secara konsisten menggunakan kata atau huruf yang sama disetiap perilisan iPhone.

Nah, menurut kalian sendiri bagaimana soal huruf-huruf yang disematkan pada nama iPhone? silakan tinggalkan pendapat atau komentar kalian pada kolom komentar di bawah ya.. :)