Cara Menampilkan FPS Game di iPhone & iPad dengan FPSIndicator

Ingin menampilkan, melihat, atau memantau jumlah Frame Rate (FPS: frame per second) pada game-game di iPhone dan iPad? jika ya maka kalian berada di blog yang tepat, sebab pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya.


Jika kalian perhatikan gambar di atas penghitung / counter fps pada game akan ditampilkan diujung kanan atas layar, bagaimana keren bukan? ya hal tersebut dapat terjadi berkat hadirnya tweak FPSIndicator besutan 'Brend0n'.

Bagi kalian yang tertarik perlu diperhatikan terlebih dahulu bahwa untuk menginstall sebuah "tweak" iPhone atau iPad harus sudah dalam keadaan di Jailbreak. Jadi untuk melanjutkan cara di bawah pastikan iPhone atau iPad kalian sudah di Jailbreak ya.

Jika sudah langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

Cara Menampilkan FPS Game di iPhone & iPad dengan FPSIndicator

Disini kita akan mengintall tweak "FPSIndicator" besutan developer Brend0n, tweak ini tersedia secara gratis melalui repo BigBoss dan seharusnya kompatibel dengan iOS 7 atau lebih baru (sudah dicoba di iOS 14 dan berjalan dengan baik).

Bagi yang belum memiliki repo BigBoss, silakan masukan alamat berikut melalui menu Sources: http://apt.thebigboss.org/repofiles/cydia/

Do it at your own risk! disarankan untuk berhati-hati saat menggunakan tweak ini pada game Online mengingat adanya risiko banned.

1. Pertama-tama buka aplikasi Manajemen Jailbreak di iPhone kalian, sebagai contoh disini Admin menggunakan Cydia

2. Jika sudah masuk ke menu Pencarian / Search lalu masukan kata kunci FPSIndicator

3. Setelah ketemu silakan install tweak FPSIndicator tersebut (pastikan berasalan dari repo BigBoss ya)


4. Jika sudah diinstall langsung saja buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian cari menu FPSIndicator



5. Selanjutnya jangan lupa aktifkan tweaknya lalu pilih menu Choose Enabled Games untuk memilih game yang akan ditampilkan FPSnya


6. Jika sudah langsung saja buka game yang telah dipilih dan lihat hasilnya


Bagaimana apakah sudah berhasil? nah perlu diketahui juga nih bahwa tidak ada jaminan semua game dapat ditampilkan FPSnya melalui tweak ini. Meski dari semua game yang Admin coba rata-rata berhasil dan bekerja dengan baik.

Terakhir, perlu sedikit Admin garis bawahi bahwa tweak ini belum terjamin aman dijalankan pada game-game Online. Jadi Admin harap kalian telah mengerti dengan apa yang kalian lakukan.

Baik itu saja cara menampilkan atau melihat FPS (FPS Meter) di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah :)