Cara Mengatur Agar Widget iPad Selalu Tetap Tampil di Home Screen

Tampilan Widget pada iPad mengalami perubahan yang cukup signifikan setelah dirilisnya iPadOS sebagai seri nama baru untuk OS milik iPad, desain tampilan Widget pada iPadOS saat ini mengalami perubahan yang hampir menyerupai tampilan Widget pada iOS, hanya saja sampai sekarang iPad tidak dapat meletakan Widget disembarang tempat pada home screen layaknya iOS.


Untuk mengakses Widget pada iPad dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui Panel Notifikasi atau mengusap ke halaman paling kiri pada Home Screen.

Nah supaya supaya lebih cepat dan tidak perlu repot-repot lagi kalian dapat mengatur agar tampilan Widget tersebut tetap tampil di halaman utama pada Home Screen iPad, bagi yang tertarik langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatur Agar Widget iPad Selalu Tetap Tampil di Home Screen

1. Silakan masuk ke menu Widget melalui Home Screen

2. Kemudian tap dan tahan pada sembarang tempat di Home Screen untuk masuk ke menu pengeditan

3. Jika sudah silakan nyalakan menu Simpan di Layar Utama


4. Terakhir silakan tap tombol Selesai

Melalui Pengaturan...

1. Buka aplikasi Pengaturan iPad

2. Kemudian masuk ke menu Layar Utama & Dock

3. Jika sudah silakan aktifkan menu Simpan Tampilan Hari Ini di Layar Utama


Sekarang tampilan Widget akan terus tetap tampil di halaman paling utama pada Home Screen iPad, dengan begitu kalian tidak perlu repot-repot lagi mengusap layar ke arah kanan untuk mengakses Widget.

Namun begitu perlu dan penting untuk diketahui bahwa cara ini hanya berlaku saat iPad memasuki mode Landscape saja (mode miring).

Bagaimana menurut kalian? meskipun Admin jarang menggunakan Widget namun tampilan Widget pada Home Screen iPad mengubah suasana tampilan iPad menjadi lebih menarik! menurut kalian sendiri bagaimana nih?