Cara Silent Suara di iPhone Tanpa Tombol Silent

Tombol Silent di iPhone kalian tidak berfungsi atau mengalami kerusakan? tidak masalah, kalian tetap dapat melakukan Silent suara notifikasi maupun panggilan telepon dengan sangat mudah tanpa tombol apapun, cukup dengan menggunakan fitur-fitur bawaan iPhone berikut ini.


1. Melalui AssistiveTouch

Assistive Touch merupakan salah satu fitur Akesibilitas pada iPhone yang berfungsi sebagai pintasan ke beragam aksi, entah itu screenshot, mengunci iPhone, membesar-kecilkan volume, hingga melakukan Silent.

Untuk menggunakan fitur AssistiveTouch langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch lalu nyalakan menu "AssistiveTouch" hingga muncul menu Bulat atau Kotak melayang pada layar.


Jika sudah silakan buka menu melayang tersebut lalu pilih menu Perangkat lalu tap pada menu "Bunyikan" untuk melakukan Silent


Nah untuk menonaktifkan Silent silakan akses kembali menu diatas.

2. Gunakan Ketuk Bagian Belakang / Back Tap

Sebelum melajutkan perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya dapat diterapkan pada iPhone dengan desain tanpa tombol Home seperti iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone 11, iPhone 12 dan seterusnya.

Sama seperti AssistiveTouch, Ketuk Bagian Belakang atau Back Tap masih merupakan fitur Aksesibilitas pada iPhone yang berfungsi sebagai pintasan ke beragam aksi, namun bedanya kalian hanya perlu melakukan tap sebanyak dua atau tiga kali dibagian belakang iPhone.

Bagaimana terlihat keren kan? kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Seperti biasanya silakan buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Sentuh > Ketuk Bagian Belakang / Back Tap lalu pilih ingin menggunakan dua atau tiga kali ketuk jika sudah silakan pilih menu "Bisukan".


Terakhir silakan lakukan tap (ketuk) dibagian belakang iPhone sesuai dengan yang tadi sudah kalian atur di atas dan lihat hasilnya.

3. Gunakan Fitur Jangan Ganggu / Do Not Disturb

Jangan Ganggu atau Do Not Disturb merupakan mode yang digunakan untuk menonaktifkan suara notifikasi pesan maupun panggilan telepon yang dapat kalian atur sesuai jadwal, namun perlu diingat cara ini tidak akan menonaktifkan suara pada game maupun aplikasi yang akan dibuka.

Untuk menggunakan fitur ini langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Jangan Ganggu / Do Not Disturb lalu aktifkan menu "Jangan Ganggu" dan atur menu Hening ke "Selalu", menu Telepon ke "Tak Seorang pun", nonaktifkan menu "Panggilan Berulang", dan Balas Otomatis Ke ke "Tak Seorang pun".


Jika sudah maka sekarang suara notifikasi maupun panggilan akan dinonaktifkan, kalian bisa mengatur menu ini sesuai jadwal melalui menu "Terjadwal" atau mengaktifkan / menonaktifkannya secara cepat melalui Pusat Kontrol dengan mengaktifkan icon berbentuk bulan sabit.


Kesimpulan...

Tidak jarang pengguna iPhone yang masih mengira bahwa mengecilkan Volume di iPhone secara manual akan membuat iPhone kalian Silent dari panggilan maupun notifikasi, tidak ya.. yang ada malah suara notifikasi atau panggilan akan mengecil alih-alih tidak berbunyi sama sekali.

Jadi solusinya tentu saja dengan menggunakan salah satu cara di atas untuk memasuki mode Silent bagi yang tombol Silent di iPhonenya mengalami masalah.