Cara Mengatasi Indikator Sinyal iPhone Loading / Berputar Terus

Khusus bagi pengguna iPhone tanpa Notch, tidak jarang mengalami masalah dimana icon roda (wheel) yang merupakan Indikator bahwa sinyal internet sedang berjalan, tidak berhenti berputar (stuck) alias loading terus.


Mungkin sebagian tidak ada yang mempedulikannya, namun tidak jarang hal ini dapat menimbulkan dampak pada baterai yang lebih cepat habis hingga kekhawatiran akan paket data yang terus menerus berjalan.

Nah apabila kalian merupakan salah satu pengguna iPhone yang mengalaminya, tidak perlu khawatir sebab pada postingan kali ini Admin sudah merangkum cara-cara Ampuh yang dapat mengatasi masalah tersebut, kalau begitu langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tutup Semua Aplikasi

Tidak jarang ada sebagian aplikasi yang tetap berjalan dilatar belakang dan terus menerus menggunakan jaringan internet. Jadi silakan coba tutup semua aplikasi di latar belakang dan lihat hasilnya.

Cek Aplikasi yang Sedang di Download / Update

Lakukan pemeriksaan juga apakah ada aplikasi yang sedang di download atau update secara otomatis, jika ya maka selesaikan downloadnya atau tunda sementara dengan cara tap sekali pada icon aplikasi tersebut.

Cek Proses Backup Data

iPhone secara otomatis akan melakukan proses Backup data ketika terhubung ke jaringan WiFi, silakan cek apakah proses Backup sedang berlangsung atau tidak melalui Pengaturan > Account iCloud (paling atas) > iCloud > Cadangan iCloud.

Gunakan AirPlane Mode

Bug pada iOS dapat menjadi salah satu penyebab indikator jaringan iPhone terus menerus berputar, solusinya coba nyalakan Mode Pesawat selama beberapa detik, kemudian nonaktifkan kembali dan lihat hasilnya.

Restart iPhone

Cara paling ampuh selanjutnya yaitu Restart atau seara sederhana silakan matikan iPhone kalian kemudian hidupkan kembali, jika sudah silakan lihat hasilnya.

Gunakan "Siri" Sekali

Sebagian besar pengguna melaporkan bahwa dengan menggunakan layanan Siri sekali saja, ternyata dapat dengan ajaib dapat menghilangkan indikator jaringan yang terus berputar.

Untuk mencobanya langsung saja "tekan dan tahan terus tombol Home" hingga muncul menu Siri, kemudian gunakan Siri sekali saja lalu nonaktifkan kembali dan lihat hasilnya.

Apabila belum berhasil coba gunakan cara berikut:

  1. Silakan buka aplikasi Pengaturan
  2. Lalu masuk ke menu Siri & Pencarian
  3. Kemudian nyalakan menu Dengarkan "Hey Siri" dan ikuti proses aktivasinya hingga selesai
  4. Jika sudah silakan gunakan menu Hey Siri sekali saja kemudian nonaktifkan kembali dan lihat hasilnya.

Nonaktifkan Layanan Lokasi

Cara ampuh selanjutnya yang banyak dilaporkan berhasil mengatasi masalah ini datang dari menonaktifkan sementara Layanan Lokasi atau Location Service, kalau begitu langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi kemudian nonaktifkan sementara Layanan Lokasi dan lihat hasilnya.

Nonaktifkan Sementara VPN

Menggunakan jaringan VPN? untuk sementara coba nonaktifkan VPN di iPhone kalian dan lihat hasilnya.

Nonaktifkan Segarkan App di Latar

Segarkan App di Latar atau Background App Refresh, berfungsi untuk mengizinkan aplikasi tetap berjalan dan menyegarkan konten-kontennya secara diam-diam di latar belakang, hal ini menyebabkan penggunaan koneksi internet yang berjalan terus menerus sehingga indikator sinyal iPhone akan terus berputar.

Silakan nonaktifkan fitur Segarkan App di Latar melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar > Mati.

Update ke iOS versi Terbaru

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil ada kemungkinan masalah ini diakibatkan oleh Bug pada iOS, untuk coba mengatasinya kalian cukup update ke iOS versi terbaru melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak,

Kesimpulan...

Indikator Sinyal iPhone yang Loading atau Berputar terus-menerus menandakan bahwa jaringan internet dalam keadaan sedang digunakan, dengan mengikuti salah satu cara di atas seharusnya indikator sinyal yang terus berputar tersebut (stuck) akan teratasi.

Nah bagi kalian yang memiliki solusi lainnya yang cukup ampuh, boleh dong dishare pada kolom komentar di bawah untuk membantu pengguna lainnya yang mungkin masih belum menemukan solusi yang jitu.