Cara Menggunakan Text Replacement di iPhone dan iPad

Penggantian Teks atau Text Replacement merupakan fitur pada iPhone yang digunakan untuk membuat pintasan teks, kalimat, atau kata yang panjang dengan sebuah teks atau susunan huruf singkat yang sudah diatur sebelumnya.


Sebagai contoh, disini Admin sudah mengatur pintasan untuk mengubah kata "wkwk" menjadi kata "ngakak banget ya!", nah ketika Admin mengetikan huruf "wkwk" pada keyboard kemudian menekan tombol Spasi, maka kata tersebut secara otomatis akan berubah menjadi kata "ngakak banget ya!", kira-kira seperti itu fungsinya.

Namun tidak perlu khawatir, misalkan kalian memang ingin mengetikan kata "wkwk" tanpa mengubahnya ke pintasan kata yang sudah dibuat, kalian hanya perlu menunda saat akan menekan tombol Spasi, nanti secara otomatis akan muncul pilihan untuk membatalkan pintasan.

Bagaimana keren kan? kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk menggunakan fitur Text Replacement atau Penggantian Teks di iPhone.

Cara Menggunakan Text Replacement di iPhone

1. Pertama langsung saja buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Umum > Papan Ketik > Penggantian Teks


2. Jika sudah silakan tap menu tanda tambah (+) yang ada ujung kanan atas layar


3. Lalu pada menu Frasa silakan masukan kata yang diinginkan, kemudian pada menu Pintasan silakan masukan pintasan kata yang nantinya akan digunakan untuk memunculkan kata pada kolom Frasa


4. Jika sudah tap menu Simpan dipojok kanan atas

5. Sekarang silakan coba dengan mengetikkan kata pada kolom Pintasan yang tadi sudah kalian buat lalu tekan tombol spasi pada keyboard dan lihat hasilnya..


Tips Membatalkan Pintasan

Nah apabila sewaktu-waktu kalian ingin memasukan kata yang ternyata sudah diatur menjadi pintasan teks, caranya cukup sederhana yaitu jangan langsung menekan tombol Spasi maka secara otomatis akan muncul menu "X" pada teks yang berguna untuk membatalkan pintasan.


Cara Menghapus Pintasan yang Sudah Dibuat

Untuk menghapus text replacement yang sudah dibuat, kalian cukup usap menu pintasan ke arah kiri dan tap tombol hapus, atau silakan gunakan menu Edit yang ada dipojok kiri bawah layar.


Bagaimana gampang kan? dengan adanya fitur Text Replacement ini kalian bisa memangkas waktu saat mengetik, apalagi untuk tugas-tugas yang tidak boleh disingkat-singkat penulisannya :)