Apple Rilis iOS 12.5 untuk iPhone 6, 6 Plus, 5S, iPad Air, Mini 2, 3 dan iPod touch 6

Setelah merilis iOS 12.4.9 pada 5 November yang lalu, Apple kembali merilis iOS 12.5 bagi pengguna iPhone 6, 6 Plus, 5S, iPad Air, Mini 2, 3 dan iPod touch 6, dengan tujuan utama untuk menghadirkan fitur Pemberitahuan Pemaparan atau Exposure Notifications.


Bagi yang belum tahu, Exposure Notifications merupakan fitur yang dapat digunakan oleh otoritas setempat untuk melacak kontak penderita covid-19.

Meskipun di Indonesia sampai saat ini fitur tersebut belum jelas apakah berfungsi atau tidak, namun setidaknya bagi kalian pengguna iPhone, iPad dan iPod touch yang tidak kebagian iOS 14, dapat merasakan hadirnya fitur Exposure Notifications yang mungkin sewaktu-waktu dapat saja difungsikan.

Selain fitur pendeteksian kontak penderita covid-19, tidak ketinggalan Apple juga meningkatkan keamanan pada iOS 12.5.

Bagi pengguna iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad mini 2, iPad mini 3, dan iPod touch (generasi ke-6) yang ingin melakukan update, langsung saja siapkan koneksi WiFi dan baterai minimal 50% (disarankan untuk  menyambungkan ke pengisian daya), lalu buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Untuk melakukan Restore ke iOS 12.5 secara manual menggunakan IPSW, silakan download file IPSW yang cocok untuk perangkat kalian melalui link berikut: ipsw.me untuk cara installnya silakan baca pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Status Jailbreak iOS 12.5


Meskipun belum ada konfirmasi secara resmi, namun iOS 12.5 kemungkinan sudah dapat di jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n.

Sekilas, Checkra1n merupakan aplikasi Jailbreak bersifat Semi-Tethered yang menggunakan exploit Hardware-Based dan tidak bisa dipatch oleh Apple, exploit inilah yang digunakan oleh aplikasi Checkra1n untuk melakukan jailbreak Phone 5S hingga iPhone X tanpa memerlukan exploit baru.

Bagi yang berminat melakukan jailbreak menggunakan aplikasi Chekcra1n, silakan ikuti tutorial pada postingan berikut: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n