Mengapa iPad Tidak Memiliki Low Power Mode?

Low Power Mode atau Mode Daya Rendah merupakan fitur yang digunakan untuk menghemat penggunaan baterai, dengan cara membatasi atau menonaktifkan sementara fitur dan proses tertentu yang berpotensi menggunakan daya baterai secara berlebihan.


Lalu Dimanakah Letak "Low Power Mode" pada iPad?

Update! melalui iPadOS 15 atau lebih baru, kini iPad memiliki fitur Low Power Mode sama seperti iPhone. Artikel di bawah sudah tidak lagi relevan.

Low Power Mode di iPad dapat diaktifkan melalui aplikasi Pengaturan > Baterai atau silakan tambahkan icon Baterai melalui pengaturan Pusat Kontrol.

Tidak sedikit pengguna iPad terutama pengguna baru yang belum mengetahui bahwa iPad sendiri tidak memiliki fitur Low Power Mode.

Ya, fitur Low Power Mode atau Mode Daya Rendah eksklusif hanya dimiliki oleh iPhone saja, itu artinya untuk iPad dan iPod touch tidak memilikinya.

Mengapa? hingga saat ini belum ada keterangan pasti yang diberikan oleh Apple, namun mengingat iPad sendiri memiliki kapasitas baterai yang cukup besar bisa dipastikan Low Power Mode tidak terlalu diperlukan oleh iPad.

Hal ini bisa kita perhatikan dari pesan peringatan baterai lemah pada iPad yang tidak akan muncul sebelum mencapai angka 10%, berbeda dengan iPhone yang muncul dimulai dari angka 20%.

Sedangkan untuk iPod touch sendiri juga masih belum diketahui secara pasti alasannya, mungkin karena fitur pada iPod touch yang tidak sebanyak iPhone? entahlah...

Jadi pada intinya Low Power Mode atau Mode Daya Rendah yang digunakan untuk menghemat penggunaan baterai, untuk saat ini tidak tersedia untuk pengguna iPad maupun iPod touch, alias eksklusif untuk pengguna iPhone saja.

Perlu diketahui bahwa Apple pernah merilis fitur Low Power Mode di iPad untuk pertama kalinya melalui iPadOS 14 beta 1, sayangnya pada update selanjutnya fitur ini dihilangkan dan tidak diketahui apakah akan kembali atau tidak.

Meskipun begitu bagi kalian pengguna iPad tidak perlu berkecil hati, kalian bisa melakukan proses Low Power Mode secara manual dengan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak digunakan, setidaknya hingga Apple benar-benar menghadirkan fitur Low Power Mode untuk iPad di masa yang akan datang.