Bagaimana Cara Mematikan AirPods saat Tidak Digunakan?

AirPods, AirPods Pro, hingga AirPods Max merupakan jajaran Earbuds Wireless besutan Apple yang menggunakan koneksi Bluetooth sebagai penghubung ke iPhone atau perangkat lainnya. Karena wireless alias tanpa kabel, AirPods menggunakan daya dari Baterai agar dapat berjalan.


Namun tidak sedikit pengguna yang mempertanyakan, Bagaimana Sih Cara Mematikan AirPods atau casenya saat Tidak Digunakan?, Berikut Jawabannya..

Bagaimana Cara Mematikan AirPods dan Casenya?

AirPods beserta dengan Case-nya tidak didesain untuk dapat dimatikan secara manual. AirPods secara otomatis akan menyala dan siap digunakan saat dikeluarkan dari Case, sedangkan ketika tidak digunakan lagi kalian cukup mengembalikannya ke dalam Case dan AirPods secara otomatis akan berhenti bekerja alias mati.

Sedangkan Case pada AirPods memang memiliki tombol, namun tombol tersebut tidak difungsikan untuk mematikan Case ataupun AirPods yang ada didalamnya, tombol tersebut hanya berfungsi untuk melakukan Pairing (pemasangan) hingga melakukan Factory Reset untuk AirPods.

Fungsi utama dari Case pada AirPods adalah sebagai wadah tempat AirPods mengisi daya, ketika AirPods dimasukkan kembali ke dalam Case-nya maka secara otomatis AirPods akan terus melakukan pengisian daya hingga penuh dan siap digunakan kembali ketika dikeluarkan.

Satu lagi, selama masih berada di dalam Case, AirPods juga akan masuk ke dalam keadaan mati, jadi kalian tidak perlu khawatir akan AirPods yang tetap menyala apabila sudah dimasukan ke dalam Case-nya.

Tips Menghemat Baterai AirPods

Untuk menghemat penggunaan Baterai pada AirPods, kalian dapat menonakifkan beberapa fitur yang mungkin tidak kalian gunakan, seperti Peredam Kebisingan, Transparansi, atau Pendeteksian Telinga Otomatis.

Fitur-fitur tersebut dapat kalian matikan melalui aplikasi Pengaturan > Bluetooth kemudian tap icon (i) disamping nama AirPods.

Selain itu hindari juga untuk membuka ataupun menutup Case AirPods secara berulang-ulang, karena dapat membuat AirPods menyala dan mati secara tiba-tiba.

Mengurangi Volume suara juga berdampak pada baterai AirPods, meskipun tidak terlalu signifikan.