Tampilan Layar Aplikasi dan Game di iPad Tidak Penuh / Full Screen?

Tidak sedikit pengguna iPad yang mengeluhkan bahwa aplikasi atau game yang mereka jalankan, ternyata tidak tampil penuh atau termuat seutuhnya ke dalam layar iPad (tidak full screen), lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya agar dapat tampil full screen?


Penyebab Tampilan Layar Aplikasi dan Game di iPad Tidak Penuh / Full Screen

Masalah pada tampilan aplikasi ataupun game yang tidak seutuhnya termuat atau tampil penuh ke dalam layar iPad, bukan disebabkan oleh masalah pada iPad, melainkan hal ini menandakan aplikasi atau game tersebut belum sepenuhnya kompatibel dengan ukuran layar iPad yang kalian gunakan saat ini.

Hal ini seringkali terjadi setiap kali Apple merilis desain iPad terbaru dengan ukuran layar yang berbeda dari iPad generasi sebelumnya, sehingga banyak aplikasi atau game yang tidak didesain ataupun belum di update untuk ukuran layar iPad baru, tidak dapat tampil secara penuh.

Agar aplikasi atau game dapat tampil memenuhi layar iPad, merupakan tugas dari pengembang aplikasi atau game itu sendiri untuk melakukan update yang menambahkan dukungan untuk ukuran layar iPad baru tersebut.

Jadi, silakan cek secara rutin update versi terbaru dari aplikasi atau game yang tidak full screen tersebut melalui App Store.

Sebagai solusi sementara, iPad biasanya akan menampilkan tombol yang letaknya berada dipojok kanan bawah, yang fungsinya untuk memaksa agar aplikasi atau game dapat tampil penuh ke dalam layar iPad, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut.


Setelah tombol tersebut ditekan, maka aplikasi yang tadinya tampil kecil, kini akan tampil memenuhi layar meskipun terlihat tidak sempurna dan ketajaman grafiknya juga menurun.


Faktanya, masalah di atas tidak hanya dialami oleh pengguna iPad saja loh.. iPhone pun tidak lepas dari masalah ini, dan akar permasalahannya pun sama, yaitu aplikasi atau game yang dijalankan belum mendukung desain ukuran baru dari layar iPhone tersebut.

Namun mirisnya, jika di iPad kalian dapat memaksa aplikasi atau game agar tampil memenuhi layar, di iPhone sendiri kalian tidak dapat melakukannya, maka dari itu satu-satunya harapan datang dari update oleh pengembang aplikasi atau game itu sendiri.