Apa Arti dari MDM pada iPhone dan iPad?

Beberapa dari kalian mungkin pernah mendengar istilah MDM yang ditujukan untuk iPhone dan iPad. Lalu apa sebenarnya MDM itu? dan apa maksud, arti, ataupun fungsinya?


Apa itu MDM?

Mobile Device Management
atau disingkat MDM, adalah layanan keamanan yang seringkali digunakan oleh perusahaan atau organisasi (khususnya oleh Administrator dari Tim IT) untuk memanajemen, mengontrol, hingga mengamankan perangkatnya maupun milik anggota yang tergabung, dari jarak jauh.

Beberapa contoh hal yang dapat dilakukan oleh Administrator melalui layanan MDM seperti mengunci atau menghapus perangkat dari jarak jauh, menginstall dan menghapus profil konfigurasi, hingga menghilangkan password ataupun menghapus perangkat yang mereka kelola.

Bagaimana Cara Menghapus MDM dari iPhone atau iPad?

Apabila iPhone atau iPad tersebut milik suatu perusahaan atau organisasi (Supervised), maka tidak ada cara lain selain meminta Administrator yang mengelola iPhone atau iPad tersebut untuk menghapusnya.

Mencoba melakukan Restore / Reset pada iPhone dan iPad yang masih terkunci MDM, hanya akan membuat iPhone atau iPad tersebut tersangkut pada tampilan Remote Management atau Manajemen Jarak Jauh.

Layaknya terkunci iCloud, ada satu metode tidak sah yang dapat menghapus (tepatnya melewati) aktivasi dari MDM secara paksa, proses ini dinamakan ByPass. Tetapi perlu diperhatikan bahwa ketersediaan metode ByPass ini cukup langka karena melibatkan celah keamanan pada iPhone atau iPad.

Berhati-hatilah dengan iming-iming ByPass MDM di internet yang kalian temukan, karena banyak yang menawarkan layanan ByPass palsu yang berujung penipuan.

Berniat Membeli iPhone dan iPad yang Terkunci / Lock MDM?

Bagi yang menemukan produk iPhone atau iPad yang terkunci MDM (Lock MDM) dan mungkin timbul keinginan untuk membelinya, sebaiknya urungkan niat kalian tersebut, tak terkecuali kalian mengetahui dengan pasti segala risikonya.

Sebab seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa iPhone atau iPad yang terkunci MDM tidak dapat digunakan layaknya iPhone dan iPad pada normalnya, karena umumnya akan tersangkut pada halaman aktivasi (Remote Management atau Manajemen Jarak Jauh).

Baik itu saja informasi seputar MDM pada iPhone dan iPad yang dapat Admin bagikan, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? langsung saja tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya :)