Charging Melambat Saat Baterai Mencapai Diatas 80%

Saat mengisi daya (ngecas) khususnya menggunakan Fast Charging, tidak jarang pengguna yang mempertanyakan proses pengisian daya akan berjalan semakin melambat setelah level baterai menyentuh di angka sekitar 80% hingga 90%.


Lalu apa yang menjadi penyebabnya dan apakah hal tersebut normal? jawabannya Sangat Normal dan memang sudah seharusnya seperti itu, mengapa? simak alasannya berikut ini...

Penyebab Fast Charging Melambat Saat Baterai Mencapai Diatas 80%

Proses pengisian daya total untuk baterai lithium yang digunakan oleh Smartphone, dapat dibagi menjadi 4 tahapan yaitu Low-current charge, Constant Current Charge, Constant Voltage dan Charging Complete.

1. Tahap pertama, pengisian daya dimulai terlebih dahulu dengan arus yang lebih rendah dengan tujuan melindungi baterai dari kerusakan.

Sebagai catatan, semakin rendah arus semakin lama juga pengisian daya berlangsung, begitu juga sebaliknya.

2. Pada tahap yang kedua, proses pengisian daya dengan arus yang lebih besar akan dimulai, pada tahapan inilah pengisian daya cepat atau fast charging berlangsung.

3. Selanjutnya pada tahapan yang ketiga, ketika baterai telah mencapai angka 80% hingga 90%, arus pengisian daya secara perlahan akan diturunkan, tujuannya untuk mencegah risiko kerusakan pada baterai.

4. Tahap terakhir, baterai akan terisi penuh dan proses pengisian daya telah selesai.

Jadi apa penyebab pengisian daya melambat setelah mencapai disekitar angka 80%? jawabannya untuk melindungi baterai dari kerusakan.

Sebab jika pengisian daya dengan arus besar dibiarkan terus-menerus berlangsung, dapat mengakibatkan bahan kimia Lithium-ion pada baterai berkumpul diujung negatif baterai dan mulai membentuk struktur seperti kristal, yang apabila dibiarkan tumbuh membesar, dapat menyebabkan korsleting dengan menusuk bagian diafragma antara ujung negatif dan positif baterai. (sumber: Huawei)

Hal ini berlaku untuk baterai lithium-ion yang ada dihampir semua smartphone yang mendukung Fast Charging, entah itu iPhone atau Android.

Kesimpulannya, pengisian daya yang melambat saat mencapai angka sekitar 80%, merupakan pertanda sistem pengisian daya di smartphone kalian berjalan dengan normal untuk melindungi baterai dari kerusakan, jadi tidak perlu khawatir ya..