Cara Force Restart iPad Pro 2018 & 2020 (Stuck, Mati Total, Hang)

Force Restart atau Restart Paksa merupakan metode yang sangat berguna untuk mengatasi beragam masalah pada iPad seperti, tidak merespon, stuck dilogo Apple, tiba-tiba mati total (tidak mau menyala), dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan bug pada software.


Khusus pada postingan kali ini, Admin akan membagikan cara melakukan Force Restart atau Restart Paksa khusus bagi kalian pengguna iPad Pro yang dirilis pada tahun 2018 dan 2020, tepatnya iPad Pro 11 inci 2020 (gen 2), iPad Pro 12.9 inci 2020 (gen 4), iPad Pro 11 inci 2018 (gen 1), dan iPad Pro 12.9 inci 2018 (gen 3).

Cara Force Restart iPad Pro 2018 & iPad Pro 2020

1. Pertama tekan tombol Volume Atas lalu lepas

2. Kemudian dengan cepat lagi tombol Volume Bawah lalu lepas

3. Terakhir dengan cepat silakan tekan dan tahan tombol Power / Lock hingga iPad Pro restart atau menampilkan logo Apple


Setelah menampilkan Logo Apple, iPad akan masuk ke menu utama dan berfungsi dengan normal kembali. Jika ya, maka hal ini menandakan bahwa Force Restart atau Restart Paksa telah berhasil dilakukan.

Untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, perhatikan apa penyebab yang menyebabkan iPad Pro kalian mengalami stuck atau freeze. Namun dalam kebanyakan kasus hal tersebut diakibatkan oleh bug pada iPadOS. Untuk mengatasinya mudah, kalian cukup secara rutin melakukan update software ke versi terbaru melalui aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update).

Selain software, update juga aplikasi-aplikasi yang terinstall di iPad kalian untuk mencegah adanya bug yang menyebabkan masalah serupa.

Baik, itu saja informasi cara melakukan Force Restart atau Restart Paksa pada iPad Pro 2018 dan iPad Pro 2020. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, jangan ragu, tinggalkan saja pada kolom komentar di bawah.