Cara Mematikan / Power Off / Restart iPhone SE 2020 (Gen 2)

Bagi kalian pengguna iPhone SE 2020 yang mungkin baru pertama kali ini menggunakan iPhone, salah satu hal dasar yang penting untuk kalian ketahui adalah cara Mematikan, Restart, hingga Restart Paksa iPhone.


Mematikan iPhone dan melakukan Restart tidak lepas dari beragam keperluan, namun disaat-saat genting seperti iPhone tiba-tiba tidak merespon, tidak bisa menyala, stuck di logo Apple, dan lain sebagainya yang disebabkan oleh kesalahan software, Restart Paksa atau Force Restart merupakan solusi untuk memulai ulang sistem agar iPhone kembali bekerja dengan normal.

Kalau begitu langsung saja berikut ulasanya.

Cara Mematikan / Power Off / Restart iPhone SE 2020

1. Pertama tekan dan tahan tombol Power / Samping hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.


2. Jika tampilan seperti di atas sudah muncul, silakan geser menu (icon power) ke arah kanan layar.

3. Untuk menyalakan kembali iPhone, cukup tekan dan tahan kembali tombol Power / Samping hingga layar menampilkan logo Apple.

Lalu bagaimana untuk "Restart"? dengan mematikan dan menyalakan kembali iPhone kalian baru saja melakukan proses "Restart" secara normal. Untuk melakukan Restart Paksa, silakan ikuti cara di bawah.

Cara Restart Paksa / Force Restart iPhone SE 2020

1. Pertama, Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas.

2. Lalu, Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas.

3. Terakhir, Tekan dan Tahan tombol Power / Samping hingga iPhone menampilkan logo Apple.

Setelah logo Apple muncul, maka Force Restart telah berhasil dilakukan. Apabila iPhone tidak melakukan apa-apa, ulangi lagi dengan tempo perpindahan tombol agar dipercepat.

Bagaimana mudah bukan? khusus untuk cara Force Restart di atas, dapat kalian terapkan untuk seluruh iPhone mulai dari iPhone 8 hingga iPhone terbaru. Sedangkan untuk mematikan / power off, dapat kalian terapkan pada iPhone yang masih menggunakan tombol Home.