Cara Hapus Permanen Foto iPhone dan iPad yang ada di iCloud

Foto ataupun video yang ada di iPhone dan iPad, secara otomatis akan terbackup atau disimpan ke dalam layanan iCloud. Keuntungannya, kalian dapat dengan mudah mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus dari dalam iPhone. Selain itu setiap kali akun iCloud tersebut dimasukkan ke perangkat baru, seluruh foto maupun video yang ada di iCloud secara otomatis akan muncul atau disimpan juga pada perangkat baru tersebut.


Namun proses sinkronisasi antara foto yang ada di iPhone dan iCloud, tidak berlaku saat kalian menghapus foto melalui iPhone. Sebab foto tersebut tetap akan tersimpan di iCloud, bahkan ketika kalian login ke perangkat baru foto yang tadinya sudah dihapus dari iPhone lama, akan muncul lagi di perangkat baru tersebut.

Bagi kalian yang benar-benar ingin menghapus secara permanen foto dari dalam iCloud, kalian dapat melakukannya dengan sangat mudah. Sehingga dikemudian hari foto tersebut tidak akan pernah muncul lagi, entah di perangkat baru atau yang sudah ada.

Menghapus Permanen Foto yang ada di iCloud

1. Silakan login akun iCloud kalian melalui website iCloud berikut: https://www.icloud.com/ (bebas menggunakan browser apapun, disarankan Safari bawaan iPhone)

2. Jika sudah, pilih menu Foto (Photos)


3. Kemudian tap Select lalu pilih seluruh foto yang ingin dihapus permanen, kemudian tap tombol Hapus lalu tap lagi Delete


Sebagai catatan: Foto yang kalian hapus melalui iCloud, akan terhapus juga disetiap perangkat yang tersinkron.

4. Belum berakhir, selanjutnya silakan masuk ke menu Albums lalu pilih lagi menu Recently Deleted


5. Tap lagi pada menu Select lalu pilih seluruh foto yang tadi sudah kalian hapus, lalu pilih lagi Delete dan terakhir tap lagi Delete.


Sekarang foto yang terhapus tersebut telah menghilang selamanya dari iCloud dan tidak akan muncul lagi di iPhone atau iPad baru nantinya.

Perlu diperhatikan juga bahwa foto yang kalian hapus diatas akan terhapus juga pada perangkat yang telah tersinkron. Hal ini berlaku jika fitur Foto iCloud pada iPhone yang berada di aplikasi Pengaturan > Foto > Foto iCloud dalam keadaan aktif. Jika tidak, silakan hapus secara manual.

Tidak ingin Foto dan Video yang ada di iPhone atau iPad terupload otomatis ke iCloud? mudah sekali, kalian cukup menonaktifkan fitur Foto iCloud tersebut.