Cara Cek Frekuensi Jaringan di iPhone

Di iPhone kalian bisa mendapatkan informasi detail perihal sinyal jaringan seluler termasuk kekuatan sinyal atau frekuensi jaringan melalui menu "Field Test Mode".


Mengetahui frekuensi jaringan sangat membantu untuk mencari dan mendapatkan area dengan kualitas sinyal yang bagus dan konstan. Namun, perlu diketahui bahwa untuk pengguna iOS 11 atau lebih baru, alih-alih menampilkan atau mengubah menu indikator jaringan ke dalam satuan frequensi, kalian perlu memasuki menu Field Test Mode secara manual.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk menampilkan frekuensi jaringan di iPhone.

Cara Cek Frekuensi Jaringan di iPhone

1. Pertama silakan buka aplikasi Telepon

2. Kemudian masukkan / panggil no berikut: *3001#12345#*


3. Jika sudah silakan masuk ke menu All Metrics kemudian pilih lagi menu Serving Cell Meas


4. Jika sudah perhatikan menu rsrp0 dan rsrp1


RSRP atau Reference Signal Received Power adalah indikator kekuatan jaringan antara iPhone dan tower sinyal disekitarnya yang dihitung dalam satuan dBm (desibel-milliwatt).

  • rsrp0: menunjukkan kekuatan frekuensi antara iPhone dan tower jaringan yang sedang terhubung
  • rsrp1: menunjukkan kekuatan frekuensi antara iPhone dan tower jaringan terdekat berikutnya (yang terkuat)

Semakin kecil angka frekuensi (mendekati angka 0) menunjukkan semakin kuatnya sinyal jaringan. Indikasi kuat atau tidaknya jaringan dipengaruhi oleh beragam faktor seperti daya, jarak, gangguan, dan ukuran-ukuran lainnya.

Bagaimana cukup mudah bukan? namun sekali lagi, untuk iOS 11 atau lebih baru, kalian tidak dapat mengubah tampilan indikator sinyal di iPhone menjadi satuan angka frekuensi, sebab fitur tersebut hanya terbatas untuk iOS 10 atau lebih lama saja.