Cara Memperbaiki Sinyal iPhone Hilang Setelah Update iOS

Tidak sedikit pengguna iPhone yang mengalami masalah sinyal hilang setelah melakukan update ke iOS versi terbaru. Hilangnya sinyal pada iPhone, biasanya ditandai juga dengan status "No Service" (tidak ada layanan) atau sinyal menampilkan "Searching" (mencari) secara terus-menerus.


Ada beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab utama dari masalah ini, entah iOS versi terbaru yang sebenarnya memiliki "Bug" yang cukup serius (jarang terjadi), masalah pada operator jaringan yang kalian gunakan, hingga masalah pada iPhone itu sendiri.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? silakan simak ulasannya berikut ini.

Restart iPhone

Bagi yang sudah pernah mencobanya silakan dilewati saja cara ini, tetapi bagi yang belum sangat disarankan untuk coba merestart iPhone tepatnya dimatikan kemudian dinyalakan kembali. Apabila tidak juga membuahkan hasil, langsung saja ikuti cara selanjutnya.

Cek Kemungkinan Gangguan Sinyal

Tanpa disadari secara kebetulan setelah melakukan update iOS, sinyal dari provider yang kalian gunakan sedang bermasalah, untuk memastikannya silakan cek nomor lainnya dengan provider yang sama di hp lainnya.

Keluarkan Kartu SIM dan Masukkan Kembali

Cukup sederhana, silakan keluarkan kartu SIM dari iPhone kalian, kemudian sedikit bersihkan kartu SIM dan masukan kembali ke dalam iPhone.

Ubah Mode Data Seluler

Langsung saja masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Seluler (Cellular) > Pilihan Data Seluler (Cellular Data Options) > Suara & Data (Voice & Data), lalu coba turunkan sinyal ke misalnya dari LTE ke 3G atau dari 5G ke LTE.


Apabila berhasil, ada kemungkinan jaringan LTE atau 5G diarea tempat kalian belum atau sedang tidak tersedia.

Nonaktifkan VPN

Apabila kalian menggunakan jaringan VPN, coba nonaktifkan sementara melalui Pengaturan (Settings) > Umum (General) > VPN.

Cek Pengaturan Tanggal iPhone

Tidak jarang penanggalan yang salah, dapat menyebabkan sinyal iPhone tidak dapat berfungsi dengan baik. Jadi pastikan pengaturan tanggal di iPhone kalian sudah benar, untuk melakukan pengecekan silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Tanggal & Waktu (Date & Time) kemudian pastikan menu "Atur Secara Otomatis" (Set Automatically) dalam keadaan aktif.

Reset Jaringan iPhone

Coba atur ulang pengaturan jaringan di iPhone kalian, caranya cukup mudah, silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Atur Ulang (Reset) lalu pilih menu "Atur Ulang Jaringan" Reset Network Settings) dan lihat hasilnya.


Reset Pengaturan iPhone

Apabila reset jaringan di atas tidak membuahkan hasil, pertimbangkan untuk mereset pengaturan iPhone secara keseluruhan, caranya masih dimenu yang sama Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Atur Ulang (Reset) lalu silakan pilih menu "Atur Ulang Pengaturan" (Reset All Settings).

Ganti ke Kartu SIM Lainnya

Mungkin saja kartu SIM lama yang ada di iPhone kalian bermasalah, jika memungkinkan silakan coba untuk menggunakan kartu SIM dari provider lain dan lihat hasilnya.

Downgrade versi iOS

Selanjutnya pertimbangkan untuk melakukan downgrade iOS di iPhone kalian ke versi sebelumnya, hal ini dapat dilakukan selama iOS versi sebelumnya masih dalam status signed, untuk cara selengkapnya silakan lihat pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Apabila iOS versi sebelumnya telah Unsigned / ditutup, kalian bisa coba menginstall iOS versi beta (percobaan), caranya silakan lihat pada postingan berikut: Cara Install iOS / iPadOS versi Beta Tanpa PC

Cek Apakah iPhone Carrier Lock?

Terakhir, hal ini seringkali menjadi masalah yang sebenarnya terjadi pada pengguna yang kehilangan sinyal setelah melakukan update iOS.

Sebelumnya apakah iPhone yang kalian gunakan merupakan iPhone Lock Carrier atau hasil ByPass (entah dengan software atau Rsim)? jika ya, maka ada kemungkinan jaringan di iPhone kalian terkunci kembali setelah melakukan update iOS, sebab pada umumnya teknik ByPass mengandalkan bug atau celah keamanan yang ada pada versi iOS tertentu, sehingga melakukan updatee iOS terbaru akan menghilangkan proses ByPass tersebut.

Untuk cek apakah iPhone kalian Lock Carrier atau Unlock silakan cek postingan berikut: Cara Cek dan Mengetahui Operator Asal iPhone Lock Carrier

Langkah Terakhir...

Apabila masalah masih terus berlanjut, kalian memiliki 2 pilihan, pertama coba menunggu iOS versi terbaru dirilis, atau membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk segera didiagnosa penyebabnya.

Jika ternyata iPhone memang bermasalah atau mengalami kerusakan dan masih terlindungi garansi, silakan langsung saja digaransikan. Jika sudah tidak, silakan konsultasikan ke service center Apple untuk informasi perbaikan selengkapnya.