Cara Cek dan Mengetahui Operator Asal iPhone Lock Carrier

Beberapa iPhone memang sudah didesain untuk tidak dapat menggunakan jaringan operator seluler secara bebas, mengapa? sebab iPhone tersebut sebelum dibeli telah terikat kontrak perjanjian dengan operator tertentu agar hanya dapat menggunakan jaringan dari operator tersebut saja.


Salah satu hal yang seringkali dialami oleh banyak pengguna iPhone di Indonesia adalah, membeli dan menggunakan iPhone yang ternyata terikat kontrak dengan salah satu operator jaringan seluler, sehingga iPhone menolak saat menggunakan jaringan dari operator lainnya di luar provider yang telah terikat kontrak tersebut.

Cara Cek dan Mengetahui Operator Asal iPhone

Nah, untuk mengetahui Operator, Provider Jaringan Seluler, atau Carrier asal pada iPhone yang telah terikat kontrak atau terkunci, caranya sangatlah mudah, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

1. Silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Mengenai (About)


3. Jika sudah silakan perhatikan menu Kunci Operator (Carrier Lock) dan Operator (Carrier)


Apabila iPhone kalian tidak terkunci oleh operator apapun, seharusnya pada menu Kunci Operator (Carrier Lock) akan menampilkan Tidak ada pembatasan SIM (No SIM restrictions), dan pada menu Operator (Carrier) akan menampilkan Carrier XX.X.

Nah apabila pada menu Operator (Carrier) menampilkan nama operator lainnya, sebut saja AT&T, maka sudah bisa dipastikan Operator tersebutlah yang mengikatkan kontraknya di iPhone kalian.

Bagaimana cukup mudah kan? cara ini juga berlaku bagi pengguna iPhone SU atau ByPass Jaringan yang ingin sekedar mengetahui Operator Asal iPhone mereka.