Arti FP On atau FP Off di iPhone dan iPad dalam Jual Beli

Dalam dunia jual beli Online maupun Offline tidak jarang ditemukan produk iPhone, iPad maupun iPod touch, yang dijual dengan keterangan tambahan "FP On" atau "FP Off".


Istilah tersebut memang cukup membingungkan bagi sebagian besar orang, nah supaya tidak salah beli, cukup penting untuk mengertahui arti dari FP On atau FP Off tersebut, sebab istilah FP ini merupakan bagian yang cukup fatal dan penting untuk diperhatikan. Penasaran? langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Arti FP On atau FP Off di iPhone dan iPad

FP merupakan singkatan dari FingerPrint atau Pemindai Sidik Jari, yaitu sebuah komponen sensor yang digunakan untuk membuka kunci pada iPhone dan iPad menggunakan sidik jari pengguna yang terdaftar.

Istilah FP ini hanya berlaku bagi sebagian model iPhone dan iPad saja yaitu yang masih menggunakan teknologi sensor Sidik Jari, seperti iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone SE 2020, iPad Gen 6, iPad Gen 7, iPad Gen 8, iPad Air 2, iPad Air 3, iPad Air 4 dan lain sebagainya

Untuk istilah "FP On" sendiri merujuk pada fungsi FingerPrint pada iPhone dan iPad yang masih bekerja atau berjalan dengan normal.

Sedangkan istilah "FP Off" merujuk pada fungsi FingerPrint pada iPhone dan iPad yang sudah tidak bekerja atau mengalami kerusakan.

Seberapa Penting Sensor FingerPrint?

Relatif penting, sebab kalian akan sedikit membuang waktu lebih lama untuk memasukan password secara manual setiap kali akan membuka kunci keamanan iPhone, mengonfirmasi login, pembelian, dan masih banyak lagi fitur lainnya yang memanfaatkan sensor FingerPrint.

Bahkan dalam beberapa kasus tertentu FingerPrint yang mengalami kerusakan, diikuti juga dengan fungsi Tombol yang ikut tidak berfungsi juga. Jadi apabila berniat untuk membeli, selalu pastikan secara detail kondisi iPhone terlebih dahulu.

Untuk keunggulannya sendiri apabila fungsi sensor FingerPrint memang dalam kondisi tidak aktif atau rusak, biasanya harga jualnya pun ikut menurun jauh, dan hal ini dapat menjadi nilai plus bagi yang ingin mendapatkan iPhone dengan harga yang cukup murah.