Fungsi Kantong Anti-Statis untuk Menyimpan Komponen Elektronika

Pernahkan kalian memperhatikan kantong plastik yang digunakan untuk membungkus beberapa komponen elektronika, terutama untuk komponen komputer seperti VGA, Harddisk, Motherboard, dan lain sebagainya? contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut:


Ya, kantong bertekstur cukup kaku dan biasanya memiliki warna abu-abu (silver) tersebut, merupakan Kantong atau Tas Anti Statis (anti-static bag / pouch), yang berfungsi untuk melindungi komponen elektronik yang sangat sensitif terhadap terhadap kerusakan apabila terpapar pelepasan muatan listrik statis.

Apa itu Pelepasan Muatan Listrik Statis?

Pelepasan Muatan Listrik Statis atau Electrostatic discharge (ESD) adalah sekumpulan muatan listrik yang muncul akibat dua permukaan bahan dengan muatan berbeda saling bergesekan sehingga menghasilkan kelebihan elektron di satu permukaan dan kekurangan di permukaan lainnya.

Pelepasan Muatan Listrik Statis ini dapat menimbulkan risiko kerusakan pada perangkat elektronika yang cukup sensitif.

Cara Kerja Kantong Anti-Statis

Kantong, Plastik, Bag atau Pouch Anti-Statis (anti-static) terbuat dari beberapa lapisan bahan berbeda, dan berfungsi untuk melindungi komponen elektronika yang sensitif terhadap Pelepasan Muatan Listrik Statis dari kerusakan.

Bahan penyusun Kantong Anti-Statis sendiri pada umumnya terdiri dari 3 lapisan:

1. Lapisan pertama (paling dalam) terbuat dari bahan plastik Polietilena disipatif yang memberikan lapisan lembut bagi komponen elektronik, sekaligus mencegah penumpukan listrik statis yang dihasilkan oleh pergerakan komponen yang ada di dalamnya.

2. Lapisan kedua (tengah) terbuat dari bahan aluminium yang memberikan lapisan pelindung terhadap pelepasan muatan listrik statis, lapisan ini digunakan sebagai konduktor untuk mengambil langsung muatan listrik statis dan membuangnya ke permukaan (grounding).

3. Lapisan ketiga (luar) terbuat dari bahan Poliester dengan lapisan disipatif mirip dengan yang ada pada plastik Polietilena. Lapisan merupakan pelindung tambahan yang melindungi lapisan tengah dengan menghentikan munculnya listrik statis pada bagian terluar kantong.

Jadi bagi kalian yang berniat untuk menyimpan komponen elektronika seperti papan rangkaian, transistor, maupun alat-alat komputer seperti RAM, VGA, Harddisk, Mainboard atau Prosesor, yang sensitif terhadap Pelepasan Muatan Listrik Statis, sangat disarankan untuk menggunakan Kantong Anti-Statis untuk mengurangi risiko kerusakan akibat Pelepasan Muatan Listrik Statis.