Cara Cek dan Mengetahui Operator Asal iPhone Lock Carrier

Beberapa iPhone memang sudah didesain untuk tidak dapat menggunakan jaringan operator seluler secara bebas, mengapa? sebab iPhone tersebut sebelum dibeli telah terikat kontrak perjanjian dengan operator tertentu agar hanya dapat menggunakan jaringan dari operator tersebut saja.


Salah satu hal yang seringkali dialami oleh banyak pengguna iPhone di Indonesia adalah, membeli dan menggunakan iPhone yang ternyata terikat kontrak dengan salah satu operator jaringan seluler, sehingga iPhone menolak saat menggunakan jaringan dari operator lainnya di luar provider yang telah terikat kontrak tersebut.

Cara Cek dan Mengetahui Operator Asal iPhone

Sayangnya untuk mengetahui asal operator mana yang mengunci iPhone tersebut agak sedikit sulit. Pengguna perlu memeriksa tempat di mana iPhone tersebut dibeli sebelumnya.

Namun, jika tidak yakin apakah iPhone sebenarnya terkunci atau tidak, kalian bisa memeriksanya melalui cara-cara berikut ini.

1. Silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Mengenai (About)


3. Jika sudah silakan perhatikan menu Kunci Operator (Carrier Lock) dan Operator (Carrier)


Apabila iPhone kalian tidak terkunci oleh operator apapun, pada menu Kunci Operator (Carrier Lock) akan menampilkan Tidak ada pembatasan SIM (No SIM restrictions), sedangkan pada menu Operator (Carrier) akan menampilkan nama jaringan yang digunakan serta versi pengaturan jaringannya.

Namun, apabila benar iPhone kalian terkunci oleh salah satu operator jaringan, maka Kunci Operator atau Carrier Lock akan menampilkan status SIM terkunci atau SIM locked.