Cara Mematikan / Power Off / Restart iPad Air 4 2020 + Tanpa Tombol

Baru menggunakan iPad Air 4 (2020) dan belum tahu cara mematikan (power off) dan restart? tidak perlu khawatir pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mematikan, restart, serta force restart (restart paksa).


Mengingat iPad Air 4 (2020) tidak memiliki tombol Home lalu tombol Sampingnya juga telah difungsikan untuk mengaktifkan Siri, proses mematikan atau merestartnya pun sedikit berbeda dan tidak bisa dilakukan dengan satu tombol saja. Bagi yang sebelumnya pernah atau menggunakan iPhone tanpa tombol Home, pasti mungkin sudah mengetahuinya.

Nah biar tidak berlama-lama lagi langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mematikan (Power Off) iPad Air 4 (2020)

  1. Tekan dan Tahan tombol Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah (atau Volume Atas, pilih salah satu) hingga muncul menu untuk mematikan iPad
  2. Jika sudah silakan geser icon power ke arah kanan layar untuk mengkonfirmasi proses mematikan iPad
  3. Untuk menyalakan kembali iPad silakan Tekan dan Tahan terus tombol Lock hingga iPad menyala dan menampilkan logo Apple

Cara Restart/Restart Paksa (Force Restart) iPad Air 4 (2020)

Sebagai informasi, Restart merupakan proses mengulang kembali sistem. Cara sederhananya dengan mematikan iPad kemudian menyalakannya kembali. Namun begitu ada cara Restart yang lebih mudah dan biasanya ampuh digunakan untuk mengatasi beragam masalah, yaitu Restart Paksa / Force Restart.

Berikut cara Restart atau Restart Paksa (Force Restart) iPad Air 4 (2020), lakukan dengan tempo perpindahan tombol yang cepat.

  1. Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Tekan dan Tahan tombol Lock hingga iPad mati dan menampilkan logo Apple (Restart)

Cara Mematikan/Restart iPad Air 4 (2020) Tanpa Tombol

Terdapat dua cara untuk mematikan iPad tanpa menyentuh tombol. Yang pertama melalui aplikasi Pengaturan dan yang kedua melalui fitur Assistive Touch. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Mematikan iPad melalui Pengaturan

  1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings)
  2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Matikan (Shut Down)
  3. Jika sudah akan muncul menu Geser-Matikan (slide to power off)
  4. Terakhir, silakan geser menu tersebut untuk mematikan iPad

Restart iPad Melalui AssitiveTouch

  1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPad
  2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas (Accessibillity) > Sentuh (Touch) > AssistiveTouch
  3. Lalu nyalakan menu AssistiveTouch tersebut
  4. Jika sudah akan muncul menu icon Kotak melayang atau AssistiveTouch di layar iPad
  5. Selanjutnya, silakan buka menu AssistiveTouch tersebut lalu pilih menu Perangkat (Device) > Lainnya (More)
  6. Lalu silakan tap menu Mulai Ulang (Restart)

Apabila tombol Power / Lock di iPad kalian bermasalah atau mengalami kerusakan. Ketika iPad dalam keadaan mati, kalian bisa menyalakannya dengan cara menyambungkan iPad tersebut ke pengisian daya dan iPad akan menyala secara otomatis.

Bagaimana gampang kan? satu lagi, khusus untuk metode Force Restart cukup penting untuk kalian ketahui, mengapa? sebab apabila sewaktu-waktu iPad Air kalian mengalami masalah dan tidak bisa merespon apa-apa (bug atau kesalahan sistem), metode Force Restart dapat memperbaikinya secara instan dengan mengulang kembali sistem pada iPad Air secara paksa.

Baik, itu saja informasi cara mematikan (power off), restart dan force restart iPad Air generasi 4 yang dirilis tahun 2020 yang lalu. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.