Arti dan Maksud dari iPhone FU (Factory Unlock) dalam Jual Beli

Pernahkah kalian menemukan produk iPhone entah itu di toko-toko Online maupun Offline dengan keterangan bahwa iPhone yang dijual tersebut merupakan iPhone FU atau iPhone Factory Unlock?


Sebagai pembeli, tentu sangat penting untuk mengetahui secara detail produk yang akan kita beli agar nantinya semua sesuai dengan harapan tentunya. Lalu apa sih maksud dan arti dari iPhone FU atau Factory Unlock? apa bedanya dengan iPhone lainnya?

Arti dari iPhone FU atau Factory Unlock

iPhone FU atau Factory Unlock adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa iPhone tersebut dapat menggunakan jaringan atau kartu SIM dari Operator manapun tanpa adanya batasan.

Singkatnya kalian bebas menggunakan kartu SIM dari operator jaringan manapun pada iPhone tersebut, mau Telkomsel, By.u, XL, IM3, Axis, Smartfren, bahkan saat iPhone tersebut dibawa ke luar negeri pun, kalian tetap dapat menggunakan kartu SIM dari operator jaringan yang tersedia di negara tersebut.

Mengapa Harus ada iPhone FU?

Sebab diluar sana ada juga iPhone yang dijual dengan kondisi telah terikat kontrak pada salah satu Operator Jaringan tertentu. iPhone jenis ini dinamakan iPhone Lock Carrier.

iPhone yang telah terikat kontrak dengan salah satu operator jaringan, secara otomatis hanya dapat menggunakan kartu sim dari operator yang telah mengikatkan kontraknya tersebut. iPhone Lock Carrier ini biasanya sering ditemukan pada iPhone yang dibawa dari luar negeri atau secara langsung telah membeli iPhone yang telah terikat kontrak dengan persetujuan sebelumnya.

iPhone Lock Carrier ini tidak jarang memang dibanderol dengan harga yang cukup murah dibandingkan iPhone FU.

Kesimpulan..

Intinya iPhone FU atau Factory Unlock menunjukkan bahwa iPhone tersebut dapat dengan bebas menggunakan kartu sim dan jaringan dari operator manapun.

Bagaimana cukup sederhana bukan? apabila ada yang mungkin kurang jelas atau mau ditanyakan, jangan ragu untuk meninggalkan pesan pada kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)

Baca Juga :