Cara Mengetahui Baterai AirPods di Android

Meskipun secara resmi dirancang untuk dapat dipasangkan dengan baik di semua perangkat besutan Apple, seperti iPhone, iPad, iPod touch, dan Mac. AirPods sendiri tetap dapat dipasangkan melalui sambungan Bluetooth dan digunakan pada perangkat lainnya seperti Android.


Meski begitu sampai saat ini tidak sedikit pengguna Android yang mempertanyakan cara mengetahui baterai AirPods mereka yang dipasangkan ke smartphone mereka.

Sebenarnya Android belum memiliki kemampuan untuk membaca secara detail informasi baterai pada AirPods. Namun, terdapat informasi dasar yang dapat dijadikan acuan serta bantuan dari aplikasi pihak ketiga lainnya untuk melihat informasi baterai AirPods.

Cek Melalui Ikon Notifikasi

Salah satu cara paling simple dan mudah, kalian dapat mengetahui baterai pada AirPods di Android melalui ikon baterai baru dipanel notifikasi. Contohnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut:


Memang sekilas terlihat cukup sederhana karena tidak ada informasi tambahan lainnya, seperti level dari baterai serta apakah indikator baterai tersebut untuk AirPods sebelah kiri atau kanan. Namun setidaknya kalian dapat mengetahui sisa daya baterai pada AirPods dengan cepat (anggaplah untuk kedua pasang AirPods).

Cek Pengaturan Bluetooth

Di Pengaturan Bluetooth Android, kalian juga dapat menemukan informasi baterai dari AirPods, kali ini disertai juga dengan persentase level baterai. Namun sayangnya seperti cara di atas, informasi yang diberikan mungkin untuk sepasang AirPods.

Caranya, buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Bluetooth dan cek menu AirPods yang terhubung, biasanya akan muncul tampilan daya baterai pada AirPods tersebut.


Cek Melalui Indikator di Case AirPods

Selain menggunakan cara-cara di atas, AirPods sendiri memiliki indikator yang memberikan tanda keadaan baterai pada AirPods melalu lampu LED pada casenya.


  • Warna Hijau saat AirPods Berada di Dalam Case: Hal ini mengindikasikan bahwa daya baterai pada AirPods dan Casenya sudah dalam keadaan penuh.
  • Warna Hijau saat AirPods Berada di Luar Case: Hal ini mengindikasikan bahwa daya baterai pada Case sudah dalam keadaan penuh.
  • Warna Kekuningan saat AirPods Dimasukkan ke Dalam Case: Hal ini mengindikasikan bahwa AirPods sedang dalam keadaan diisi daya.
  • Warna Kekuningan saat AirPods Berada di Luar Case: Hal ini mengidikasikan bahwa daya baterai pada case AirPods sedang dalam keadaan rendah dan butuh diisi daya.
  • Warna Kekuningan saat Terhubung ke Pengisiani Daya: Hal ini mengindikasikan Case AirPods sedang dalam keadaan diisi daya.
  • Warna Hijau saat Terhubung ke Pengisian Daya: Hal ini mengindikasikan baterai pada Case AirPods sudah dalam keadaan terisi penuh

Cek Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Ingin melihat dan mengetahui lebih detail informasi baterai pada AirPods? untuk pengguna Android saat ini solusinya hanya menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Meskipun begitu tingkat akurasinya masih belum bisa dipastikan (mungkin tidak seakurat saat dicek diperangkat besutan Apple).

Aplikasi pihak ketiga yang sudah Admin coba dan mungkin berfungsi dengan baik adalah aplikasi AirBattery besutan Georg Friedrich. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi dari kedua pasang AirPods serta Casenya.

Namun perlu diperhatikan, bahwa aplikasi ini tidak dapat menampilkan informasi pasti dari baterai AirPods. Aplikasi ini hanya akan membaca setiap terjadi 10% penurunan dari baterai AirPods. Dalam keterangannya developer mengungkap bahwa hal ini terjadi karena batasan yang dimiliki perangkat Android. Selain itu untuk mengecek baterai pada Case AirPods, setidaknya kalian harus memasukkan salah satu AirPods ke dalam Case tersebut.

Tertarik? langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Download apikasi AirBattery melalui link berikut: Download AirBattery - Play Store

2. Kemudian pastikan AirPods telah terhubung dengan Android

3. Jika sudah, buka aplikasi AirBattery kemudain izinkan semua perizinan yang dibutuhkan


4. Selanjutnya apabila sudah tampil menu seperti gambar di bawah berikut, silakan pilih perangkat AirPods yang kalian gunakan (atau pilih saja semua model AirPods).


5. Jika sudah maka aplikasi AirBattery akan menampilkan pop up layaknya yang terjadi di iPhone.


Perhatian! apabila pop up tidak menampilkan informasi baterai, silakan sambungkan ulang AirPods kalian ke perangkat Android.

Ya.. untuk saat ini itu saja cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecek baterai AirPods melalui perangkat Android. Memang cukup merepotkan, sebab AirPods sendiri memang tidak didesain secara khusus untuk Android, melainkan untuk perangkat buatan Apple seperti iPhone, iPad, iPod touch dan Mac.

Jadi untuk sementara, sampai saat ini cara-cara di ataslah yang dapat kalian gunakan untuk mengetahui baterai pada AirPods melalui perangkat Android. Jika ada cara dan update terbaru untuk mengetahui baterai pada AirPods, akan Admin tambahkan kembali pada postingan ini.