Cara Screenshot di iPad Pro 2020 dan 2018 + Tanpa Tombol

Bagi yang sebelumnya menggunakan iPhone atau iPad khususnya yang sudah tanpa tombol Home, pasti sudah tidak asing lagi dengan kombinasi tombol untuk melakukan Screenshot di iPad Pro 11 inci dan 12.9 inci (tahun 2018 dan 2020).


Namun bagi kalian yang mungkin baru saja menggunakan iPad atau update dari iPhone dan iPad yang masih memiliki tombol Home. Pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya, ditambah dengan cara Screenshot tanpa menekan tombol apapun.

Perlu diketahui juga metode Screenshot antara iPad Pro 2018 dan iPad Pro 2020 tidaklah berbeda alias sama saja. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Screenshot di iPad Pro 2020 dan 2018 (11 & 12 inci)

1. Letakkan jari kalian ditombol Lock (di bagian atas) dan tombol Volume Up (di bagian samping).

2. Kemudian tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan hingga muncul tampilan kilatan cahaya pada layar iPad yang disertai juga dengan suara jepretan.

3. Screenshot yang telah diambil, sekilas dapat di lihat dibagian ujung kiri bawah layar.

4. Hasil dari Screenshot secara otomatis akan tersimpan ke dalam aplikasi Foto / Photos.


Cara Screenshot Tanpa Tombol (AssistiveTouch)

Selain melakukan screenshot dengan menekan tombol seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kalian bisa juga mengambil screenshot tanpa menekan tombol apapun, yakni menggunakan fitur AssistiveTouch. Bagi yang tertarik langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings).

2. Lalu masuk ke menu Aksesbilitas (Accessibility) > Sentuh (Touch) > AssistiveTouch.

3. Jika sudah silakan aktifkan menu AssistiveTouch kemudian tap pada icon / menu kotak yang tampil pada layar.

4. Selanjutnya tap pada menu Perangkat (Device) > Lainnya (More) > Jepretan Layar (Screenshot).


Bagaimana tidak sulit kan? terutama bagi kalian yang kesulitan meraih tombol pada iPad, cara kedua di atas (tanpa tombol) merupakan solusi yang paling tepat. Selain itu terdapat juga beragam pintasan ke banyak fitur lainnya seperti, membuka pusat kontrol, pusat notifikasi, mengunci iPad, restart iPad, dan lain sebagainya.