Cara Menghapus Apple ID / iCloud yang Lupa Password di iPhone dan iPad

Tidak sedikit pengguna iPhone dan iPad yang kehilangan akses ke akun Apple ID atau iCloud mereka, entah karena lupa atau hal-hal lainnya.


Bagi kalian yang mengalaminya dan sudah mencoba beragam cara namun benar-benar sudah kehilangan akses ke Apple ID yang lama. Jalan terbaik yang dapat dipilih adalah dengan melakukan reset total pada iPhone untuk menghapus Apple ID lama yang masih menyangkut tersebut. Sehingga kalian dapat menikmati kembali layanan-layanan yang membutuhkan Apple ID.

Namun proses reset total untuk menghapus Apple ID atau iCloud, tidak dapat dilakukan langsung melalui iPhone atau iPad itu sendiri. Disini kita membutuhkan bantuan dari komputer, sebab kita akan melakukan proses Restore menggunakan Mode Recovery.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Menghapus Apple ID atau iCloud yang Lupa Password

Penting! sebelum melanjutkan pastikan kalian mengetahui password yang digunakan untuk mengunci iPhone tersebut, kemudian backup juga data-data penting sebelum melanjutkan. Yang terakhir siapkan juga kabel data, komputer / laptop, serta akses internet. do it at your own risk!

1. Pastikan komputer kalian sudah terinstall aplikasi iTunes (untuk Mac tidak perlu, gunakan Finder).

2. Selanjutnya sambungkan iPhone kalian ke dalam komputer menggunakan kabel data, lalu buka aplikasi iTunes

3. Apabila iPhone sudah terdeteksi oleh aplikasi iTunes, silakan masukkan iPhone tersebut ke dalam Mode Recovery, berikut caranya:

Untuk iPhone 8 / Plus, X, XR, XS, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro, dan lebih baru:

(lakukan dengan tempo yang cepat saat melakukan perpindahan antar tombol)
  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock (jangan dilepas) hingga iPhone menampilkan menu Recovery.

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Atas dan tombol Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone menampilkan menu Recovery.

Untuk iPhone 6S / Plus, iPhone SE 2016, iPhone 6, iPhone 5S, atau lebih lama:

  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Atas dan tombol Home secara bersamaan hingga iPhone menampilkan menu Recovery.

Berikut contoh gambar iPhone yang berhasil masuk ke Mode Recovery.


4. Apabila sudah berhasil, biasanya iTunes akan mendeteksi bahwa iPhone telah masuk ke dalam Mode Recovery dan perlu dipulihkan, perbaiki, atau restore.

5. Silakan pilih menu Pulihkan / Restore pada aplikasi iTunes


atau pilih secara manual menu Pulihkan iPhone / Restore iPhone.


6. Jika sudah maka aplikasi iTunes akan mulai mendownload file iOS yang akan digunakan untuk mereset iPhone atau iPad kalian. Silakan tunggu hingga proses downloadnya selesai.


7. Apabila download sudah selesai, iTunes akan mulai melakukan proses Restore secara otomatis (jika tidak silakan pilih menu Pulihkan / Restore).

8. Pada tahap ini iTunes akan mulai mereset dan menginstall file iOS ke dalam iPhone atau iPad. Silakan tunggu dan ikuti hingga proses pemulihan atau restorenya selesai. Selama proses restore berlangsung jangan pernah mencabut sambungan kabel antara iPhone dan komputer ya..

9. Setelah selesai biasanya iTunes akan menampilkan menu Activation Lock, kalian bisa mengabaikannya.


10. Nah sekarang buka iPhone kalian, lalu lanjutkan pilih bahasa dan region seperti biasa.

11. Ketika sudah masuk ke tampilan Activation Lock (Kunci Aktivasi), silakan pilih menu Buka dengan Kode Sandi (Unlock with Passcode), lalu pilih lagi Gunakan Kode Sandi Perangkat (Use Device Passcode)


12. Selanjutnya masukkan password yang sebelumnya digunakan untuk mengunci iPhone tersebut dan hasilnya menu Aktivasi akan menghilang
 

13. Sekarang silakan lanjutkan dengan mengatur kembali iPhone kalian layaknya iPhone baru dengan menggunakan Apple ID baru juga.

Selesai deh, sekarang Apple ID yang lupa password pada iPhone tersebut sudah hilang dan kalian dapat melanjutkan menggunakan Apple ID baru. Namun pastikan kalian mencatat atau mengingat baik-baik Apple ID tersebut agar tidak mengulangi kembali cara di atas, hehe.

Baik, sekian dulu tutorial cara menghapus Apple ID atau iCloud yang lupa password dari iPhone, iPad, ataupun iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkin sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)