Cara Screenshot di iPad 8 (2020) dan iPad 7 (2019) + Tanpa Tombol

Apabila sebelumnya kalian sudah pernah menggunakan atau merupakan pengguna iPhone dengan tombol Home, pasti sudah tidak asing lagi dengan kombinasi tombol untuk melakukan Screenshot.


Namun apabila sebelumnya kalian belum pernah menggunakan iPhone atau iPad dengan tombol Home, kalian berada ditempat yang tepat. Sebab pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara melakukan Screenshot di iPad khususnya iPad 8 (2020) dan iPad 7 (2019) dengan menggunakan tombol maupun tanpa menggunakan tombol.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

Cara Screenshot di iPad 8 dan iPad 7

1. Letakkan jari kalian ditombol Lock (di bagian atas) dan tombol Home (di bagian bawah).

2. Kemudian tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan hingga muncul tampilan kilatan cahaya pada layar iPad yang disertai juga dengan suara jepretan.

3. Screenshot yang telah diambil, sekilas dapat di lihat dibagian ujung kiri bawah layar.

4. Hasil dari Screenshot secara otomatis akan tersimpan ke dalam aplikasi Foto / Photos.


Cara Screenshot Tanpa Tombol (AssistiveTouch)

Selain dengan menekan kombinasi tombol seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kalian bisa juga mengambil screenshot tanpa menekan tombol apapun, yakni menggunakan fitur AssistiveTouch. Bagi yang belum mengetahuinya langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings).

2. Lalu masuk ke menu Aksesbilitas (Accessibility) > Sentuh (Touch) > AssistiveTouch.

3. Jika sudah silakan aktifkan menu AssistiveTouch kemudian tap pada icon / menu kotak yang tampil pada layar.

4. Selanjutnya tap pada menu Perangkat (Device) > Lainnya (More) > Jepretan Layar (Screenshot).


Bagaimana mudah bukan? bagi yang salah satu tombolnya rusak atau tidak ingin repot-repot menjangkau tombol yang berada di bagian paling atas serta tombol home yang jaraknya agak jauh, menggunakan AssistiveTouch adalah solusi yang paling tepat. Selain itu terdapat juga beragam pintasan fitur yang dapat kalian akses melalui AssistiveTouch tersebut.

Baik itu saja informasi cara Screenshot di iPad 8 (2020) dan iPad 7 (2019) dengan ataupun tanpa tombol. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)