Cara Screenshot di iPad Mini 5, 4, 3, 2, 1 + Tanpa Tombol

Baru saja menggunakan iPad Mini dan tidak tahu cara melakukan Screenshot? atau tombol di iPad kalian mengalami masalah? tidak perlu khawatir, sebab pada postingan kali ini Admin sudah merangkum cara-cara melakukan screenshot di iPad mini (bagi yang belum tahu), serta cara melakukan screenshot tanpa menggunakan tombol.


Cara ini berlaku bagi seluruh pengguna iPad Mini, mulai dari iPad Mini 5 (2019), iPad Mini 4 (2015), iPad Mini 3 (2014), iPad Mini 2 (2013), dan iPad Mini 1 (2012). Kalau begitu langsung saja simak caranya berikut ini.

Cara Screenshot di iPad Mini

1. Letakkan jari kalian ditombol Lock (di bagian atas) dan juga tombol Home (di bagian bawah).

2. Kemudian tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan hingga muncul tampilan kilatan cahaya pada layar iPad yang disertai juga dengan suara jepretan.

3. Screenshot yang telah diambil, sekilas dapat di lihat dibagian ujung kiri bawah layar.

4. Hasil dari Screenshot secara otomatis akan tersimpan ke dalam aplikasi Foto / Photos.


Cara Screenshot di iPad Mini Tanpa Tombol

Apabila salah satu tombol di iPad Mini kalian mengalami kerusakan, entah itu tombol Lock atau Home. Kalian tetap dapat melakukan Screenshot menggunakan fitur AssistiveTouch. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings).

2. Kemudian masuk ke menu Aksesbilitas (Accessibility) > Sentuh (Touch) > AssistiveTouch.

3. Setelah silakan aktifkan menu AssistiveTouch lalu tap pada icon / menu kotak yang tampil pada layar.

4. Selanjutnya tap pada menu Perangkat (Device) > Lainnya (More) > Jepretan Layar (Screenshot).


5. Seketika Screenshot akan terambil layaknya menggunakan kombinasi tombol.

AssistiveTouch merupakan sebuah menu pintasan yang akan selalu tampil dilayar dalam bentuk kotak atau bulat kecil, yang dapat dipindahkan keberagam sudut layar serta akan menjadi sedikit transparan ketika tidak digunakan,sehingga tidak mengganggu tampilan pada layar iPad.

Baik itu saja cara mengambil Screenshot di iPad Mini generasi ke 5, 4, 3,2 dan 1. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.