Mengapa iPhone Hanya Bisa Menggunakan Kartu Terentu Saja?

Tidak semua iPhone dapat menggunakan kartu sim dengan bebas, di luar sana cukup banyak beredar iPhone yang hanya bisa menggunakan kartu sim dari operator jaringan seluler tertentu saja (terkunci jaringan). Apabila dipaksakan menggunakan kartu sim dari operator lainnya yang tidak diizinkan, hasilnya iPhone tidak akan mendapatkan sinyal.


Hal ini mungkin cukup membuat banyak orang bertanya-tanya, mengapa iPhone hanya bisa menggunakan kartu tertentu saja? apa penyebabnya? dan apa alasannya?

iPhone Terikat Kontrak dengan Operator Jaringan Tertentu

Banyak provider atau operator jaringan seluler yang menawarkan iPhone dengan harga lebih murah, bisa dicicil, dan biasanya disertai juga penawaran paket-paket lainnya, namun dengan ketentuan bahwa iPhone hanya dapat menggunakan kartu sim dari operator jaringan yang menawarkan penawarannya tersebut.

Hal inilah yang merupakan penyebab utama mengapa iPhone hanya bisa menggunakan kartu dari operator jaringan seluler tertentu saja.

iPhone yang hanya bisa menggunakan kartu dari operator jaringan seluler tertentu saja, seringkali disebut juga sebagai iPhone Lock atau iPhone Lock Carrier.

Untuk mengetahui operator apakah yang mengunci jaringan pada iPhone, silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai kemudian cek pada menu Kunci Operator / Operator.

Bagaimana Cara Menghapus Kontrak Jaringan?

Tidak ada cara lain selain menghubungi pihak operator yang mengikatkan jaringannya tersebut untuk dicarikan solusi lebih lanjut.

Jika tidak, maka sesuai ketentuan bahwa iPhone tersebut hanya dapat menggunakan kartu dari operator yang telah mengikatkan kontraknya. Apabila operator yang mengunci jaringan iPhone berasal dari luar negeri, maka WiFi adalah satu-satunya solusi untuk mengakses layanan internet pada iPhone yang terkunci jaringan.