Cara Download IPSW MacOS untuk Mac Chipset Apple Silicon

Layaknya iPhone dan iPad, Mac yang telah menggunakan Chipset Apple Sillicon seperti Mac mini (M1, 2020), MacBook Pro (13-inch, M1, 2020), dan MacBook Air (M1, 2020), dapat menggunakan file IPSW untuk memulihkan (restore) firmware bagi Mac yang bermasalah.


Metode ini dapat kalian gunakan apabila Mac mengalami kegagalan daya saat melakukan upgrade MacOS, atau masalah lainnya seperti Mac menjadi sangat tidak responsif saat digunakan.

Berbeda dengan iPhone, iPad, maupun iPod touch yang hanya membutuhkan kabel data, iTunes, serta file IPSW itu sendiri. Untuk Mac, cara ini masih terbilang rumit dan tidak dapat dilakukan sembarangan.

Cukup banyak hal tambahan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan proses restore Mac menggunakan IPSW, diantaranya satu buah Mac lainnya, aplikasi Apple Configurator 2, dan kabel USB-C ke USB-C atau kabel USB-A ke USB-C yang mendukung power serta transfer data.

Bagi yang penasaran dengan file IPSW MacOS khusus untuk Mac dengan Chipset Apple Sillicon, kalian bisa mendapatkannya melalui link berikut: IPSW.ME - MacOS

File IPSW untuk MacOS tersebut bisa didapatkan juga langsung dari Apple melalui link berikut: IPSW MacOS - Apple (format .xml)

Bagi yang tertarik untuk mempelajari secara lengkap bagaimana metode ini dapat dijalankan, langsung saja cek halaman dukungan Apple berikut: Revive or restore a Mac with Apple silicon with Apple Configurator 2