Penyebab Warna Layar iPhone XR, XS dan XS Max Jadi Lebih Kuning

Banyak laporan dari pengguna iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max mengenai warna pada layar iPhone mereka lebih kuning dari yang lain atau menjadi lebih kuning dengan sendirinya. Jika kalian adalah salah satu pengguna yang mengalaminya, maka tidak perlu khawatir sebab masalah tersebut sebenarnya merupakan bagian dari fitur pada iPhone.


Penyebab utama dari menguningnya layar pada iPhone adalah fitur Night Shift atau True Tone. Kedua fitur tersebut memang mengubah warna layar iPhone menjadi lebih hangat pada kondisi tertentu (warna hangat = kuning) .

Bagi yang kurang suka dengan warna layar iPhone yang sedikit lebih kuning, langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Nonaktifkan Fitur Night Shift

Night Shift adalah salah satu fitur pada iPhone yang berfungsi untuk mengubah warna layar menjadi lebih hangat (warm). Biasanya fitur ini akan aktif ketika malam hari dengan tujuan utama agar saat menatap layar, mata akan menjadi lebih rileks dan tidak mudah lelah, selain itu warna hangat pada layar juga dapat membantu kualitas tidur di malam hari.

Untuk menonaktifkan fitur Night Shift ini, silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Tampilan & Kecerahan (Display & Brightness) > Night Shift. Jika sudah silakan matikan menu "Aktifkan Secara Manual Hingga Esok" serta menu "Terjadwal" untuk menonaktifkan fitur Night Shift.


Terakhir, silakan lihat hasilnya.

Nonaktifkan Fitur True Tone

True Tone adalah fitur pada iPhone yang berfungsi untuk mengubah suhu warna maupun intensitas kecerahan, menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan disekitar kalian. Tidak semua iPhone memiliki fitur ini, terutama untuk iPhone 7 atau lebih lama.

Untuk menonaktifkan fitur True Tone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Tampilan & Kecerahan (Display & Brightness), lalu nonaktifkan menu "True Tone" dan lihat hasilnya.


Pastikan Filter Warna dalam Keadaan Mati

Selanjutnya pastikan juga fitur Filter Warna pada iPhone kalian tidak dalam keadaan aktif. Silakan cek melalui aplikasi Pengaturan (Settings) > Aksesbilitas (Accessibility) > Layar & Ukuran Teks (Display & Text Size) > Filter Warna (Color Filters).


Restart iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, silakan coba restart iPhone kalian, sederhananya dengan cara dimatikan kemudian nyalakan kembali. Atau gunakan metode "Force Restart" berikut:

Cara Force Restart iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max

  1. Segera Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  2. Segera Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Terakhir, segera tekan tombol Lock hingga iPhone menampilkan Logo Apple

Reset Pengaturan iPhone

Cara-cara di atas masih belum juga memperbaiki layar iPhone kalian yang menjadi agak kuning? pertimbangkan untuk mencoba reset Pengaturan iPhone. Caranya buka aplikasi Pengaturan (Settings) lalu masuk ke menu Umum (General) > Atur Ulang (Reset) kemudian pilih menu Atur Ulang Pengaturan (Reset All Settings).


Bagaimana apakah cara-cara di atas sudah membuahkan hasil? Admin harap seperti itu ya, namun jika layar iPhone kalian masih juga berwarna kuning. Langkah terakhir yang mungkin dapat dicoba adalah dengan melakukan update ke iOS versi terbaru. Caranya langsung saja buka aplikasi Pengaturan (settings) lalu masuk ke menu Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update).

Apabila semua cara diatas sudah diikuti namun tidak juga membuahkan hasil, dan kalian cukup yakin bahwa masalah ini disebabkan oleh kerusakan pada layar iPhone itu sendiri. Solusinya, silakan bawa iPhone tersebut ke service center Apple disekitar kalian, untuk dicek dan ditangani lebih lanjut.