Mengapa ada iPhone yang Cuma Bisa Pakai WiFi? (WiFi Only)

Dalam dunia jual beli entah offline maupun online kita seringkali menemukan produk iPhone yang dijual dalam keadaan hanya bisa menggunakan jaringan dari WiFi saja, atau istilah yang paling umum untuk menyebutkannya adalah (WiFi Only).


Lalu mengapa ada iPhone yang hanya bisa menggunakan WiFi? apa yang sebenarnya terjadi pada iPhone tersebut?

Pada dasarnya semua iPhone dapat menggunakan kartu sim / jaringan seluler, namun dalam beberapa kondisi tertentu ada hal yang memaksa iPhone hanya bisa menggunakan WiFi saja, berikut diantaranya:

iPhone Lock Jaringan

iPhone Lock Jaringan merupakan kondisi dimana iPhone tersebut hanya bisa menggunakan kartu SIM / Jaringan dari salah satu provider tertentu saja. Hal ini dapat terjadi karena sebelumnya iPhone tersebut dibeli dalam kondisi terikat kontrak dengan provider tersebut.

Apabila Provider yang mengikatkan jaringannya tersebut berasal dari Indonesia, otomatis kalian tetap dapat menggunakan kartu dan jaringan dari provider tersebut. Namun apa jadinya jika ternyata provider yang mengikatkan kontraknya tersebut berasal dari luar negeri?

Ya, tidak jarang hal ini menimpa cukup banyak iPhone yang dibawa dari luar negeri kemudian dijual atau digunakan kembali di Indonesia. Jika sudah begitu, maka mau tidak mau WiFi adalah satu-satunya jaringan yang dapat kalian gunakan untuk mengakses internet.

iPhone Belum Bayar Pajak / IMEI Diblokir

Kini, seluruh smartphone termasuk iPhone yang dibawa dari luar negeri, harus membayarkan pajaknya terlebih dahulu agar dapat digunakan di Indonesia. Jika tidak, maka IMEI dari iPhone tersebut akan diblokir (tidak terdaftar di Kemenperin).

Sekilas informasi, IMEI atau International Mobile Equipment Identity, merupakan nomor unik berbeda-beda yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seluler.

iPhone yang diblokir atau tidak terdaftar IMEInya di Kemenperin, secara otomatis tidak dapat menggunakan kartu sim maupun jaringan dari operator jaringan seluler yang ada di Indonesia. Hal inilah yang mendasari iPhone tersebut hanya bisa menggunakan jaringan dari WiFi saja.

Terjadi Kerusakan

Selain kedua alasan di atas, kerusakan pada salah satu komponen di iPhone yang berfungsi mengatur jaringan seluler, juga merupakan salah satu alasan yang tidak jarang ditemui.

Mungkin karena sudah tidak memiliki garansi serta biaya perbaikannya yang cukup mahal, biasanya iPhone yang mengalami masalah ini di jual dengan harga yang lebih murah.

iPhone Hasil ByPass

iPhone ByPass disini sendiri merujuk pada iPhone yang sebelumnya terkunci password atau iCloud (entah karena lupa atau hal lainnya), kemudian dibuka secara paksa menggunakan metode tertentu.

Namun, karena metode yang digunakan tidak cukup baik maka ada banyak kekurangan yang didapat, salah satunya adalah tidak bisa menggunakan jaringan seluler tetapi masih bisa menggunakan jaringan WiFi. Selengkapnya bisa dibaca pada postingan berikut: Kekurangan dan Kelebihan dari iPhone ByPass atau ByPass WiFi Only

Kesimpulan...

Sekali lagi, pada dasarnya tidak ada iPhone yang tidak bisa menggunakan kartu sim atau jaringan seluler. Beberapa kondisi tertentu seperti yang sudah Admin jelaskan diataslah yang menyebabkan iPhone terpaksa hanya dapat menggunakan jaringan internet dari WiFi saja.

Nah menurut kalian sendiri bagaimana soal iPhone yang hanay bisa WiFi saja? menurut Admin tidak cocok ya dijadikan hp utama, namun kalau mau dijadikan hp kedua, tentu cocok-cocok saja, apalagi kalau ditempat kalian selalu tersedia jaringan WiFi.