Pengguna iPhone 6 Keluhkan Game Sering Force Close / Keluar Sendiri

Tidak sedikit pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang melaporkan beberapa judul game terkenal seperti PUBG dan ML (Mobile Legends), mengalami Force Close atau Crash (tiba-tiba keluar sendiri).


Sampai saat ini pun, belum ada informasi resmi dari pihak manapun entah dari developer game maupun Apple mengenai masalah tersebut.

Tetapi tidak perlu berkecil hati, pada postingan kali ini Admin sendiri akan membagikan pandangan Admin mengenai masalah ini dan solusi mengatasinya. Kalau begitu langsung saja simak ulasan berikut.

Usia iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Dirilis pada tahun 2014, membuat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menjadi salah satu iPhone yang cukup berusia tua, namun masih banyak digunakan saat ini. Hal sebenarnya yang kerap kali dihadapi oleh iPhone yang sudah berusia tua, adalah "Performa".

Judul-judul game seperti PUBG dan Mobile Legends cukup populer saat ini dan memang secara resmi masih mendukung iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Namun begitu, sepertinya masalah utama datang dari performa iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang sudah cukup kewalahan dalam menangani kedua game tersebut. Belum lagi, kondisi baterai yang mulai memburuk akan memperparah masalah.

Baterai dan Performa

Salah satu komponen penting yang menjadi penunjang performa iPhone agar dapat berjalan dengan baik adalah Baterai.

Ketika kondisi baterai sudah memburuk, ditambah iPhone kewalahan dalam menjalankan game. Bukan tidak mungkin iPhone akan mengalami Force Close ketika menjalankan game tertentu.

Karena memang sebenarnya iPhone sudah tidak sanggup "dipaksakan" untuk menjalankan game tersebut. Apalagi game yang dijalankan merupakan game dengan grafik yang indah dan membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi.

Solusi Mengatasi Force Close di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Sebelumnya silakan cek kondisi baterai di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus kalian. Kerap kali masalah ini sering menghampiri para pengguna iPhone dengan baterai yang sudah tidak lagi dalam kondisi baik atau sudah tidak lagi asli. Akibatnya baterai tidak mampu menunjang daya yang dibutuhkan oleh komponen pada iPhone dalam menjalankan game tersebut.

Silakan cek Kesehatan Baterai melalui Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Umumnya kesehatan baterai (kapasitas maksimum) di bawah angka 80% sudah masuk kategori yang perlu diganti.

Untuk solusi sementara mengatasi game yang force close tersebut, kalian dapat mengikuti beberapa tips berikut:

  • Coba Aktifkan atau Nonaktifkan "Mode Daya Rendah" sebelum bermain (coba keduanya).
  • Turunkan kualitas Grafik dalam Game (pilih settingan grafik terendah).
  • Tutup aplikasi lainnya sebelum bermain
  • Kurangi aplikasi yang banyak membebani kinerja iPhone seperti aplikasi Chat dan Sosial Media, karena banyak memakan daya di latar belakang.
  • Nonaktifkan "Segarkan App di Latar" melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.
  • Update ke iOS versi Terbaru.
  • Install ulang Game (hapus kemudian install kembali).

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, sudah bisa dipastikan bahwa ada kemungkinan masalah datang dari game atau kondisi iPhone yang sudah tidak memadai.

Kesimpulan...

Kemungkinan terbesar penyebab masalah ini adalah iPhone 6 dan iPhone 6 Plus kalian yang sudah tidak memadai lagi. Entah performa yang sudah kewalahan ataupun kondisi baterai yang tidak lagi baik.

Meski begitu ada juga kemungkinan game yang kurang dioptimalkan untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, sehingga butuh diperbaiki.

Apabila kalian sudah mengikuti tips-tips di atas namun masalah belum juga teratasi. Secara pribadi Admin menyarankan agar kalian mempertimbangkan untuk melakukan upgrade ke iPhone dengan model yang lebih baru. Apalagi tujuannya untuk bermain game yang bisa dikatakan cukup "modern".

Dari pengalaman Admin sendiri, melakukan penggantian baterai tidak banyak menunjukkan hasil. Apalagi baterai pengguna memang bukan baterai yang asli dan resmi dari Apple.

Baik itu saja informasi dan saran yang dapat Admin sampaikan bagi kalian pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah. Admin dengan senang hati akan menjawabnya. :)