Penyebab Foto iPhone yang Sudah Dihapus Muncul Kembali

Merasa foto ataupun video telah dihapus namun tiba-tiba muncul lagi di galeri foto? tidak perlu khawatir, hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang normal. Hanya saja mungkin kalian belum menyadari apa yang menjadi penyebabnya.


Penyebab Foto iPhone Muncul Lagi Padahal Sudah Dihapus

iCloud merupakan penyebab utama mengapa foto di iPhone kalian bisa balik lagi padahal sudah pernah dihapus. Kejadian ini biasanya terjadi sesaat setelah kalian baru saja login atau memasukkan kembali akun iCloud di iPhone baru.

Pada dasarnya, seluruh foto dan video di iPhone kalian secara otomatis akan dibackup (cadangkan / simpan) kedalam layanan iCloud. Setiap foto yang kalian hapus di iPhone tidak akan berpengaruh di iCloud (tidak ikut terhapus).

Selain itu, ketika kalian memasukkan akun iCloud tersebut ke perangkat baru, entah itu iPhone atau iPad. Seluruh foto yang ada di iCloud secara otomatis akan tersimpan ke dalam iPhone baru tersebut.

Nah hal inilah yang kalian kira bahwa foto tersebut muncul lagi padahal sudah dihapus sebelumnya.

Agar foto atau video tidak muncul atau tersimpan otomatis lagi. Kalian perlu menghapus keberadaanya di iCloud. Caranya sudah pernah Admin bahas pada postingan berikut: Cara Hapus Permanen Foto iPhone dan iPad yang ada di iCloud

Kesimpulan...

Jadi pada intinya penyebab dari foto atau video iPhone yang muncul lagi padahal sebelumnya sudah dihapus, adalah layanan penyimpanan iCloud.

Seluruh foto yang kalian hapus di iPhone tidak akan berdampak pada foto yang sudah tersimpan di iCloud. Selain itu apabila akun iCloud dimasukkan kembali ke iPhone baru, maka seluruh foto pada akun iCloud secara otomatis akan tersimpan pada iPhone baru tersebut.