Penyebab Munculnya Pesan Kamera Penting di iPhone

Apple baru saja merilis iOS 14.4 yang membawa sejumlah perbaikan dan peningkatan, salah satunya adalah untuk mendeteksi keaslian komponen kamera yang ada pada iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.


Pendeteksian keaslian kamera tersebut dibawa oleh Apple mulai dari iOS 14.4, yang mana apabila terdeteksi kamera pada iPhone sudah tidak lagi asli, maka akan muncul pemberitahuan "Pesan Kamera Penting".

Pesan Kamera Penting

Tidak dapat memverifikasi apakah iPhone ini memiliki kamera Apple yang asli.


Important Camera Message

Unable to verify this iPhone has a genuine Apple camera.

Pesan di atas biasanya akan muncul selama 4 hari pada layar terkunci, 15 hari pada halaman utama aplikasi Pengaturan, dan setelah lewat dari itu akan muncul pada aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Mengenai (About).


Arti Pesan Kamera Penting atau Important Camera Message

Apabila iPhone kalian mendapatkan pesan seperti di atas, maka bisa dipastikan bahwa komponen kamera di iPhone tersebut sudah tidak asli lagi atau pernah diganti sebelumnya namun tidak melalui teknisi terlatih dari Apple.

Dalam dokumen yang dirilis, Apple sendiri menjelaskan pentingnya memperbaiki iPhone ke teknisi Apple yang sudah bersertifikasi, terlatih, dan telah menggunakan komponen serta alat resmi dari Apple sendiri. Mengganti komponen pada iPhone tidak resmi dari Apple, dapat berisiko menyebabkan masalah pada fungsi, kualitas gambar, dan keamanan pada iPhone secara keseluruhan. 

Selain itu, Apple juga menerangkan bahwa komponen kamera pada iPhone dirancang agar cocok dan dapat bekerja dengan baik pada perangkatnya. Apabila dalam proses pemasangan iPhone yang telah dibongkar tidak dilakukan dengan baik, seperti halnya skrup atau pelindung baja baterai yang mungkin tidak terpasang dengan benar, dapat menyebabkan kerusakan pada baterai, panas berlebih, hingga cedera.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin dalam update iOS terbaru kamera pada iPhone akan mengalami masalah kinerja, karena ketidakcocokan dengan update dari Apple yang membawa perubahan pada fitur kamera.

Risiko Kamera iPhone yang Tidak Asli

Berikut beberapa risiko apabila kamera pada iPhone terdeteksi sudah tidak lagi asli.

  • Kamera tidak fokus dengan benar dan kualitas gambar kurang tajam
  • Mode potret tidak berjalan dengan baik karena tidak fokus atau hanya fokus ke sebagian objek saja
  • Aplikasi kamera atau pihak ketiga akan tertutup tiba-tiba saat mengakses kamera
  • Tinjauan kamera di aplikasi pihak ketiga mungkin tidak berfungsi alias kosong (blank)

Solusi Mengatasi Pesan Kamera Penting

Sebagai solusinya, Apple sendiri menyarankan untuk membawa atau mengirimkan iPhone tersebut ke Service Center resmi Apple, atau ke teknisi independen yang sudah terlatih dan menawarkan komponen asli dari Apple.