Status Jailbreak iOS / iPadOS 14.4 untuk iPhone dan iPad

Apple baru saja merilis update iOS 14.4 dan iPadOS 14.4 yang membawa sejumlah perbaikan bug hingga peningkatan-peningkatan lainnya. Namun disisi lain tidak ketinggalan juga, bagi pengguna yang menginginkan akses jailbreak, sepertinya untuk saat ini harus menghindari update ke iOS 14.4 khususnya bagi yang menggunakan iPhone XR atau lebih baru.


Status Jailbreak iOS / iPadOS 14.4

Untuk saat ini satu-satunya aplikasi Jailbreak yang tersedia untuk iOS 14.4 dan iPadOS 14.4 adalah aplikasi Checkra1n.

Checkra1n sendiri merupakan aplikasi jailbreak bersifat semi-tethered yang mendukung jailbreak semua versi iOS, namun terbatas untuk iPhone 5S hingga iPhone X saja.


Hal ini dapat terjadi berkat exploit hardware-base "checkm8" yang digunakan oleh aplikasi Checkra1n. Tetapi sayangnya exploit tersebut hanya berdampak pada iPhone 5S hingga iPhone X saja, sehingga hal inilah yang medasari perangkat yang bisa di jailbreak terbatas.

Meskipun mendapatkan akses jailbreak selamanya, bukan berarti kalian dapat langsung melakukan jailbreak begitu saja menggunakan aplikasi Checkra1n. Sebab dalam beberapa kasus tertentu, iOS versi terbaru membuat proses yang digunakan aplikasi Checkra1n untuk melakukan jailbreak tidak lagi bekerja, dan membutuhkan update dari developer aplikasi Checkra1n.

Nah namun tidak perlu khawatir, iOS 14.4 dan iPadOS 14.4 telah dikonfirmasi dapat langsung di-jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n.


Bagi yang tertarik untuk melakukan jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n, silakan ikuti cara-caranya pada postingan berikut: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

Lalu bagaimana untuk iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, iPhone SE 2020, atau iPhone 12? sayangnya sampai saat ini bahkan sejak dirilisnya iOS 14, belum ada satupun aplikasi jailbreak yang tersedia untuk iPhone XR atau lebih baru.

Yang perlu kalian lakukan hanya bertahan pada versi iOS serendah mungkin hingga ada kabar lebih lanjut.