Perbedaan Bahan Case antara Silikon, TPU dan PC

Setelah membeli gadget baru, hampir semua pengguna pasti mencari yang namanya "Case" untuk melindungi gadget baru mereka dari benturan maupun goresan. Untuk saat ini sudah banyak sekali model dan desain case yang dapat kalian pilih sesuai keinginan.


Namun begitu, selain melihat dari segi tampilannya saja, penting juga untuk memperhatikan bahan atau material yang digunakan pada case tersebut. Tujuannya agar kalian mengetahui bahan yang sekiranya cocok dengan apa yang diinginkan, misalnya untuk menahan benturan, tidak mudah menguning, lentur, dan lain sebagainya.

Pada umumnya case yang banyak beredar terdiri dari 3 material bahan utama, yaitu Silikon, TPU dan PC.

Lalu apa saja bedanya?

Bahan Case Silikon

Case silikon menggunakan bahan dari elemen silikon yang pada umumnya dicampur juga dengan bahan Polimer (plastik). Bahan silikon mudah dibengkokan layaknya karet karena teksturnya yang terasa kenyal dan halus serta terasa nyaman saat digenggam. Namun hal menyebalkan dari case Silikon adalah mudahnya debu dan partikel-partikel kecil untuk menempel.

Case Silikon cocok untuk kalian yang menginginkan tekstur yang lembut saat digenggam, kemudahan saat menekan tombol, dan tahan terhadap goresan.

Bahan Case TPU

TPU atau Thermoplastic Polyurethanes yang digunakan pada case memiliki tekstur campuran antara Plastik, Silikon, dan Karet. Bahan dari TPU pada case sangat ringan dan tahan terhadap benturan sehingga seringkali digunakan oleh banyak case Premium yang memiliki label Drop-Tested Military Grade. Sedikit kekurangan dari Case TPU yaitu mudah tergores.

Case TPU (Thermoplastic Polyurethanes) cocok untuk kalian yang menginginkan perlindungan terhadap benturan, transparansi, dan tidak mudah jatuh saat digenggam.

Bahan Case PC

PC atau Polycarbonate merupakan bahan case premium dengan tekstur yang cukup kaku namun memiliki daya tahan paling tinggi terhadap benturan diantara yang lainnya. Bagi yang menginginkan proteksi maksimal, case dengan bahan PC adalah yang paling direkomendasikan. Sama halnya dengan bahan TPU, bahan PC juga cukup mudah baret dan seringkali digunakan pada case premium dengan label Drop-Tested Military Grade.

Case PC (Polycarbonate) cocok untuk yang menginginkan proteksi maksimal dari benturan, transparansi, dan tidak terlalu licin saat digenggam.

Bahan apa yang Terbaik?

Dari segi kualitas ketahanan, proteksi, kenyamanan saat digenggam, dan bentuk / model. Bahan TPU (Thermoplastic Polyurethanes) dan PC (Polycarbonate) adalah yang paling direkomendasikan.

Namun bukan berarti bahan Silikon tidak baik, namun kembali lagi ke produsen yang memproduksi case tersebut. Sebab tidak ada jaminan mutlak salah satu bahan case lebih baik dari bahan yang lainnya.